Perhiasan Marie Antoinette dan Duchess of Windsor dilelang di Swiss

Jakarta () – Gelang berlian milik Marie Antoinette dan ​​​​gelang ruby serta berlian yang ditawarkan kepada Duchess of Windsor oleh suaminya pada ulang tahun pernikahan pertama mereka akan dilelang di Jenewa, Swiss, minggu depan, kata rumah lelang Christie's, dikutip dari Reuters, Kamis.

Sebuah kotak beludru biru bertuliskan "gelang Ratu Marie Antoinette" menyimpan gelang berlian bertumpuk, masing-masing terdiri dari tiga untaian berlian dan jepitan besar, dengan total 112 berlian.

Gelang-gelang itu, yang sekarang menjadi milik keluarga kerajaan Eropa, diperkirakan akan terjual 2 hingga 4 juta dolar AS pada pelelangan 9 November, kata Christie's.

"Untuk menemukan perhiasan dengan nilai sejarah Prancis yang berusia lebih dari 200 tahun benar-benar membuat kolektor dan pecinta perhiasan dari seluruh dunia akan mengawasi," kata Max Fawcett, kepala departemen perhiasan Christie di Jenewa.

"Berapakah seseorang bersedia membayar untuk sesuatu dari ratu terakhir Prancis? Kami telah melihat hasil sebelumnya dari barang-barang yang dijual oleh Marie Antoinette, bahwa benar-benar tidak ada batasan seberapa tinggi ini bisa terjadi," ujarnya menambahkan.

Marie Antoinette, yang mengirim surat dari penjara di Tuileries di Paris yang mengatakan bahwa peti kayu dengan permata akan dikirim untuk disimpan, dipenggal pada tahun 1793. Putrinya yang masih hidup Marie Therese, Madame Royale, menerima perhiasan itu setibanya di Austria, kata rumah lelang Christie's.

Selain gelang berlian milik Marie Antoinette, ada juga batu ruby ​​​​dan gelang berlian Art Deco yang dipesan oleh Duke of Windsor dari Cartier, ditawarkan kepada istrinya yang berkebangsaan Amerika pada ulang tahun pertama mereka di selatan Prancis oleh pria yang menyerahkan takhta untuk menikahi sang bangsawan, kata Christie's.

Perkiraan pra-penjualan adalah 1 juta hingga 2 juta franc Swiss ( 1,10 juta hingga 2,19 juta dolar AS).

Koleksi perhiasan desainer Duchess pertama kali ditawarkan di lelang pada penjualan yang diadakan di sepanjang Danau Jenewa pada tahun 1987, di mana tawaran melonjak, jauh melebihi perkiraan pra-penjualan.

Sementara itu, rumah lelang Sotheby's akan menawarkan perhiasan kerajaan Rusia yang diselundupkan ke luar negeri selama revolusi 1917, di samping berlian berwarna langka, pada 10 November di Jenewa.

Baca juga: Buku doa mendiang Ratu Mary dari Skotlandia dilelang

Baca juga: Gitar Kurt Cobain di "MTV Unplugged" laku Rp85 miliar

Baca juga: Berlian merah muda ini dilelang ratusan miliar

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021