Fjallraven luncurkan Kanken Art untuk rayakan World Oceans Day

Jakarta () – Fjallraven jenama asal Swedia memperingati World Ocean Day, yang dirayakan pada tanggal 8 Juni, dengan meluncurkan Kanken Art.

Konsep Kanken Art Edisi 2021 mengangkat tema sampah plastik laut. Kanken Art Edisi 2021 hadir atas kolaborasi luar biasa dengan animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz. Linn Fritz terinspirasi permukaan laut yang bersih dan laut dalam yang jernih dan menuangkan karyanya dalam balutan warna yang disebut Ocean Surface dan Ocean Deep yang selaras dengan tema Hari Laut Sedunia (World Oceans Day).

“Kolaborasi Kanken Art 2021 bersama Fjällräven sangat menyenangkan. Ln Fjallraven mendengarkan, memahami dan menjelaskan misi mereka dengan cara yang sangat bermanfaat. Kami sama-sama memiliki visi yang kuat: bahwa masa depan kami dan masa depan alam saling terikat. Oleh karena itu, kita perlu menjaganya bersama. Kita perlu mensyukuri apa yang kita miliki sebelum terlambat,” ujar Linn Fritz melalui keterangannya yang diterima di Jakarta pada Selasa.

Komposisi dalam Kanken Art 2021 terbuat dari bahan G-1000 HeavyDuty Eco, poliester daur ulang dan kapas organic yang ramah lingkungan.

“Proyek Kanken Art 2021 tentu menantang karena untuk pertama kalinya saya membuat ilustrasi yang dicetak pada sebuah produk. Sebuah pencapaian besar saat pertama kali melihat tas dengan pola desain yang saya buat dan rasanya lebih istimewa lagi mengetahui bahwa Kånken akan bekerja sama dengan organisasi lingkungan guna meningkatkan kesadaran terhadap sampah plastik di laut. Saya berharap Fjallraven akan terus menggunakan ajang ini untuk kebaikan dan menciptakan kesadaran untuk lingkungan yang lebih baik di masa depan," tambah Linn Fritz.

Baca juga: SVH luncurkan "Drips", hadirkan tas dan pakaian ramah lingkungan

Masalah sampah plastik laut adalah problem global yang butuh solusi global dan Fjallraven turut serta menyuarakan pentingnya kesadaran menjaga laut dari sampah plastik. Selain itu, Fjallraven juga memberikan dukungan finansial untuk pencegahan sampah plastik dengan setiap 1 persen pembelian Kanken Art didonasikan melalui organisasi lingkungan.

Kanken Art 2021 muncul atas inisiatif Arctic Fox Initiative. Pada tahun 2021 Arctic Fox Initiative bekerja dengan organisasi yang mendukung pengurangan sampah plastik dan membersihkan alam dari sampah – sampah yang berserakan di luar sana. Dua organisasi itu adalah Leave No Trace dan 2 Minute Foundation. The Leave No Trace Center adalah organisasi non-profit dari Amerika yang berdedikasi dalam melindungi alam bebas dengan mengedukasi orang untuk menikmati alam secara bertanggung jawab.

The Leave No Trace Center menyediakan ruang penelitian, pendidikan, dan inisiatif mutakhir untuk mendorong banyak orang agar bertingkah laku lebih menghargai alam dengan tidak meninggalkan sampah.

“Plastik memang ada dimana-mana. Tidak seharusnya plastik berserakan dimana-mana. Hal itu tergantung kita masing-masing dalam membuat keputusan secara sadar agar mengurangi plastik sekali pakai dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Executive Director Leave No Trace Center Dana Watts.

Produk Kanken Art 2021 juga hadir dalam empat varian bentuk; Kanken Art, Kanken Art Mini, Kanken Art Laptop 15", dan Kanken Art Sling Bag. Produk Kanken Art 2021 kolaborasi Fjallraven dan Linn Fritz bisa dijumpai secara online di Tokopedia mulai 08 Juni 2021.

Baca juga: Fjallraven kolaborasi dengan Moa Hoff rilis ransel bertema alam

Baca juga: Aksesoris kulit premium buatan pengrajin Bali dikirim hingga ke Eropa

Baca juga: Lakukan ini agar tas kulit tak rusak meski lama tak dipakai

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021