Empat kiat pilih alas kaki untuk kaum Adam

Jakarta () – Beberapa waktu belakangan, pemerintah mulai kembali membuka akses untuk perkantoran dan perkuliahan secara daring dengan menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat pun kembali menyesuaikan diri beraktivitas di luar rumah. Salah satu aspek mendasar yang perlu diperhatikan adalah memastikan alas kaki yang sesuai agar nyaman saat bekerja dan kuliah luring.

Shendy, CEO jenama fesyen alas kaki Leo Richie, berpendapat penggunaan alas kaki harus sesuai demi menunjang aktivitas sehari-hari.

"Tak sampai di situ, hal tersebut juga akan membantu kita menghindari cedera yang timbul mengingat dasar kaki kita sudah lama tidak melakukan aktivitas luar rumah yang rutin," kata Shendy dikutip dari keterangan resmi, Selasa.

Dia memberikan kiat-kiat memilih alas kaki untuk kaum Adam agar kembali nyaman ketika bekerja dan kuliah di luar rumah.

Cari ukuran alas kaki yang pas
Meskipun sederhana, tidak jarang hal ini menjadi kendala apalagi saat membeli sepatu secara daring. Anda bisa mengukur terlebih dahulu panjang kakimu dengan penggaris, kemudian Anda bisa mencari ukuran sepatu yang pas dengan panjang kakimu. Pastikan ada jarak sekitar satu sentimeter jari terpanjang dan ujung sepatu. Atau Anda bisa coba goyangkan jari-jari kaki untuk memastikan ada ruangan yang cukup saat berjalan.

Pilih waktu tepat untuk menentukan ukuran
Ukuran kaki akan lebih panjang saat sore hari dibandingkan pagi hari. Sebab, kaki sedikit membesar setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli sepatu pada sore hari agar sandal atau sepatu yang dipakai nanti tidak terlalu sempit di kaki.

Perhatikan ketebalan sol
Ketebalan sol akan mempengaruhi kenyamanan langkah kaki. Jika terlalu tipis, Anda akan merasa cepat pegal. Namun, jika terlalu tebal Anda akan merasa cepat lelah. Jika pada dasarnya Anda lebih menyukai sol yang tebal, pastikan sepatu tidak terlalu berat. Lain halnya jika Anda pada dasarnya menyukai sol yang tipis, pastikan sol bagian dalam cukup empuk ketika kaki menumpu.

Perhatikan bahan dan pola
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu adalah bahan dan pola yang digunakan. Pilihlah bahan yang nyaman dan tidak mudah membuat kaki berkeringat. Jika bahan sepatu terlalu panas, bukan hanya membuat kaki mudah berkeringat, namun juga bisa membahayakan kesehatan kaki. Selain itu, perhatikan juga pola dari sepatu terutama di bagian tumit. Pastikan Anda memilih sepatu dengan bagian tumit yang empuk agar tidak mudah lecet. Anda disarankan juga untuk memilih sepatu dengan bahan kulit, suede, atau kain.

Baca juga: Arena skateboard dan sepatu roda di Pulau Pramuka rampung sebulan lagi

Baca juga: Sepatu Michael Jordan laku terjual Rp20,8 miliar

Baca juga: Sepatu kets Michael Jordan terjual Rp21 miliar, tembus rekor lelang

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021