Digelar virtual, LaSalle College “fashion show” angkat tema Sumba

Jakarta () – Kampus desain LaSalle College Jakarta tahun ini akan menggelar pameran pertunjukan wisuda dalam konsep virtual akibat pandemi COVID-19 yang masih terus berlagsung.

Tahun ini, para mahasiswa fashion design akan mempertujukan virtual fashion show yang menampilkan koleksi busana dengan kebudayaan Sumba yang didominasi kain-kain tradisional dan motif-motifnya dalam interpretasi desain yang modern.

Pameran akan terdiri dari rangkaian acara virtual gallery exhibition hasil karya para Mahasiswa dari LaSalle College Jakarta dan virtual webinar .Tema yang diusung pada tahun ini adalah "Madaka" yang mengangkat seni kebudayaan Sumba. Kegiatan pameran virtual ini, akan diselenggarakan secara berturut-turut selama tiga hari sejak 30 Juli sampai 1 Agustus 2021.

Ilustrasi hasil karya desain fesyen para mahasiswa LaSalle College (/HO)

Pulau Sumba sangat terkenal dengan motif tenun tradisionalnya yang sangat indah dan rumit menjadi inspirasi tahun ini. Motif-motif tersebut banyak menggambarkan kehidupan masyarakat Sumba sehari-sehari. Ada sebagian motif tenun Sumba yang terpengaruh oleh kebudayaan luar, seperti motif naga dari Cina, motif patola dari India, dan motif Ratu Wilhelmina dari Belanda.

Bahan baku kain tenun Sumba menggunakan benang kapas yang dihasilkan dari tanaman pohon kapas yang banyak ditanam para penenun Sumba secara organik. Pewarnaan kain-kain tenun tradisional Sumba menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti akar pohon, daun, dan juga rempah-rempah untuk menghasilkan ramuan pewarna alam yang tahan puluhan hingga ratusan tahun. Oleh karena itu, kain tenun tradisional Sumba secara tidak langsung mendukung keberlangsungan lingkungan hidup dan kehidupan masyarakat Sumba (sustainability).

Ilustrasi hasil karya desain fesyen para mahasiswa LaSalle College (/HO)

Selain itu, guna memberikan pengalaman berselancar secara virtual. Tim LaSalle College Jakarta mempersiapkan visual secara dengan teknologi terkini secara tampilan tiga dimensi (3D), di mana para pengujung akan merasakan perjalanan virtual modern yang canggih dan tidak terlupakan. Namun, sebelumnya para pengunjung diharuskan melakukan registrasi guna mendapatkan e-tiket untuk bergabung dalam virtual pameran Madaka ini, secara eksklusif..

Untuk pengunjung secara umum, LaSalle College Jakarta juga menyediakan pusat informasi virtual, yang tentunya memudahkan para peminat desain melakukan kegiatan tanya dan jawab, untuk keperluan pendaftaran juga penerimaan Mahasiswa baru.

Perlu diketahui LaSalle College Jakarta merupakan Sekolah Tinggi Desain Internasional yang berbasis di Kanada, serta satu dari tiga kampus desain di Indonesia yang sudah diakui oleh Ditjen DIKTI – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca juga: Coach umumkan koleksi kolaborasi dengan BAPE

Baca juga: Tips tampil gaya saat Idul Adha di tengah PPKM darurat

Baca juga: IKYK-Rabbani.co ajak pencinta mode berbagi lewat fesyen
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021