Tebing di Atas Curug Pelangi Longsor, Jalur Cimahi-Lembang Terancam

https: img.okezone.com content 2020 12 26 525 2334293 tebing-di-atas-curug-pelangi-longsor-jalur-cimahi-lembang-terancam-okURkaqXoD.jpg

BANDUNG BARATLongsor terjadi di bahu Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Sabtu (26/12/2020).

Lokasi longsor setinggi kurang lebih 50 meter dengan lebar 15 meter itu tepat berada di atas objek wisata Curug Pelangi. Akibatnya, selain mengancam wisatawan ke objek wisata tersebut, longsor mengancam jalan utama menuju Lembang.

“Sebenarnya tanda-tanda retakan sudah terlihat sejak Kamis (24/12/2020) malam. Pas tadi hujan besar, akhirnya terjadi longsor ini sekitar jam tigaan,” terang Kepala RPH Cisarua, Ocep Daslia, Sabtu (26/12/2020).

Dia menjelaskan, pertama kali melihat retakan di bibir jalan, lalu menutupinya dengan alat seadanya. Personel juga ditempatkan untuk mengawasi supaya bibir jalan yang sudah ada retakan tidak dilalui kendaraan.

Menurutnya, melihat struktur longsoran jika tidak segera diantisipasi maka bisa kemungkinan akan terjadi longsor susulan. Oleh karena itu sebagai antisipasi, jalur di kawasan tersebut hanya digunakan satu lajur. Sementara wisatawan ke objek wisata Curug Pelangi sudah dilakukan pembatasan.

“Kalau ditutup enggak, pengelola hanya melakukan pembatasan kunjungan sampai view deck, enggak sampai curugnya,” kata dia.

Baca Juga : 19 Jam Tertimbun Longsor, Warga Lembang Bandung Barat Ditemukan Meninggal Dunia

Pantauan di lokasi petugas kepolisian sudah memberlakukan sistem buka tutup jalan karena ruas jalan yang dipergunakan hanya satu lajur. Sementara longsor di bibir jalan ini terlihat menganga karena pembatas jalan atau Tembok Penahanan Tanah (TPT) sudah tergerus terbawa longsoran.

(erh)

  • #Bandung Barat
  • #Kabupaten Bandung Barat
  • #longsor

Close