Surat Kapolri ke Presiden Cermin Sikap Kesatria

https: img.okezone.com content 2021 01 07 337 2340173 surat-kapolri-ke-presiden-cermin-sikap-kesatria-KZfWtzhh1a.jpg

JAKARTA – Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis bersurat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberitahukan masa jabatannya akan selesai. Sikap mantan Kapolda Metro Jaya tersebut dinilai sebagai sikap seorang kesatria.

(Baca juga: Polri Benarkan Jenderal Idham Azis Ajukan Surat Permohonan Pengganti Kapolri ke Jokowi)

Pengamat politik dan hankam dari Universitas Muhammadiyah Makassar Arqam Azikin mengatakan, bahwa surat tersebut menunjukkan Idham Azis memiliki kepemimpinan yang baik sekaligus memperlihatkan komitmen kepemimpinan tinggi yang tetap dipertahankan oleh jenderal bintang empat itu.

(Baca juga: Video Syurnya Beredar Luas, Gisel: Bagian Masa Lalu Saya dan Bukan dari Kehidupan Baru)

“Surat tersebut juga bagian dari konsistensinya membangun kredibilitas kepemimpinan personal sebagai orang nomor satu di kepolisian,” kata Arqam Azikin di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Dikatakan Arqam, jarang terjadi pada sosok yang berada di posisi jabatan tingkat pusat, mau melaporkan masa pensiunnya kepada Presiden dan meminta agar penggantinya segera diproses.

“Ini juga menandakan Idham Azis bukanlah sosok pencari jabatan dan tidak mau juga berlama-lama pada posisi jabatan Kapolri bila sudah sampai masa jabatannya,” kata Arqam Azikin.

Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar itu menyebut surat Idham Azis kepada Presiden itu dapat menjadi contoh bagi para perwira tinggi jajaran kepolisian dan para pejabat negara lainnya di tingkat pusat.

“Posisi Jenderal Pol. Idham Azis sebagai Kapolri tak lama lagi, tinggal menghitung hari. Jabatan Kapolri dan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis jadi perhatian dalam satu bulan terakhir karena dalam penggodokan Dewan Kepangkatan dan Kompolnas,” tutupnya.

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
1
2

  • #Bursa Kapolri
  • #Calon Kapolri
  • #Idham Azis

Close