Sempat Delay Karena Hujan, KNKT Belum Bisa Pastikan Cuaca Penyebab Jatuhnya SJ182

https: img.okezone.com content 2021 01 09 337 2341764 sempat-delay-karena-hujan-knkt-belum-bisa-pastikan-cuaca-penyebab-jatuhnya-sj182-eOT3zytRGH.JPG

TANGERANG – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum dapat memastikan penyebab jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 diakibatkan oleh hujan deras yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021) siang. Saat ini KNKT masih dalam proses pengumpulan data pesawat dari berbagai pihak.

“Terkait ada kendala cuaca kami berkoordinasi dengan BMKG, data yang didapat semua dikumpulkan termasuk data dari satelit, server, briefing room semua dikumpulkan. Kami bersama BMKG mengevaluasi cuaca yg terjadi saat itu,” ujar Kepala KNKT, Soerjanto di Crisis Center SJ182 Bandara Soekarno-Hatta.

KNKT juga mengklaim sudah menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat dan akan segera melakukan investigasi. Rencananya KNKT akan melakukan survei di lokasi besok pagi untuk mengetahui situasi dan kondisi di lokasi jatuhnya pesawat.

“Besok akan melakukan survei kondisi perairan bagaimana. Besok kami baru akan melakukan survei di lokasi kejadian dan berapa besar area sebarannya. Lalu menentukan alat apa saja yang cocok untuk diturunkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Sriwijaya Air Jefferson Jauwena mengatakan memang benar pesawat SJ182 sempat mengalami keterlambatan akibat cuaca buruk. Namun, dia memastikan bahwa pesawat dalam kondisi baik sebelum lepas landas karena telah melalui pemeriksaan oleh teknisi.

“Kondisi pesawat sebelum terbang baik dan sudah melalui pemeriksaan. Sebelumnya juga terbang dari Pontianak dan ini adalah rute kedua,” ujar Jeff.

Sebelumnya diketahui pesawat Sriwijaya SJ182 dinyatakan hilang sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta. Kemenhub memastikan bahwa pesawat tersebut jatuh di sekitar Kepulauan Seribu. Pesawat sempat berada di ketinggian 10.000 kaki dan kemudian turun drastis hingga mencapai ketinggian 250 kaki sebelum dinyatakan hilang kontak.

(kha)

  • #Sriwijaya Air Jatuh
  • #knkt
  • #Sriwijaya Air Jatuh
  • #Sriwijaya Air

Close