Sebanyak 75 Orang Civitas Universitas Brawijaya Positif Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 12 03 519 2321291 sebanyak-75-orang-civitas-universitas-brawijaya-positif-covid-19-COYlGt616E.jpeg

KOTA MALANG – Sebanyak 75 orang civitas Universitas Brawijaya (UB) terpapar Covid-19. Sebagian dari mereka saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan sisanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Ketua Monitoring Evaluasi Fasilitasi Implementasi (Monevfas) Prof Unti Ludigdo menyebutkan sebanyak 75 civitas yang terkonfirmasi positif COVID-19, terhitung mulai Juli 2020 hingga Desember pekan ini.

“Berdasarkan data masuk dari kami, ada 75 warga UB yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dan itu akumulasi dari Juli 2020 sampai pekan ini,” ujar Prof Unti saat konferensi pers virtual pada Kamis sore (3/12/2020)

Dari 75 orang tersebut, disebut Prof Unti terdiri dari tenaga pendidik, karyawan, serta dosen. Rektor UB sendiri telah meminta civitas akademi agar melaporkan ke Satgas bila terpapar Covid-19, hal ini demi memudahkan tracing.

“Civitas yang terkonfirmasi, adalah tendik (tenaga pendidik) serta dosen. Mahasiswa tidak dalam data yang masuk pada kami,” sebutnya.

Unti juga mengakui, adanya ekskalasi peningkatan jumlah civitas terkonfirmasi positif COVID-19. Karena dalam sepekan ini, sudah 10 orang dinyatakan posiiff COVID-19.

“Dalam satu minggu ini, ada penambahan 10 orang. Di antara yang terkonfirmasi aktif menjalani perawatan di rumah sakit, dan beberapa lainnya menjalani isolasi mandiri,” bebernya.

Menurutnya, isolasi mandiri dilakukan di beberapa tempat. Seperti rumah masing-masing, atau di tempat yang memungkinkan untuk menjalani isolasi.

“Ada beberapa rekan kita yang menjalani isolasi di fasilitas yang disediakan oleh Pemkot dan Pemkab. Hal ini, dikarenakan juga rumah sakit rujukan sudah overload,” tuturnya.

Universitas Brawijaya telah mengeluarkan instruksi rektor Nomor 9644 tahun 2020 tanggal 24 November 2020 tentang penegakan protokol kesehatan dan pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan kampus.

Di surat itu disebut ada enam poin langkah pencegahan virus corona di UB. Pertama menegakkan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19 dalam lingkup kerjanya masing-masing. Kedua, mengaktifkan kembali satuan tugas penanganan dan pencegahan COVID-19 atau satuan tugas kampus tangguh di masing-masing unit kerja.

Ketiga, mengurangi risiko terjadinya penularan dengan melarang pelaksanaan kegiatan yang akan diikuti orang lebih dari 50 persen dari kapasitas ruang dan melarang pelaksanaan kegiatan di hotel atau tempat umum lainnya di luar kampus.

Keempat, lebih selektif dalam menyetujui kegiatan yang menghadirkan tamu dari luar UB. Kelima, untuk lebih selektif dalam memberikan tugas kepada dosen yang menjadi narasumber atau tugas lainnya pada forum yang diminta instansi atau pihak ketiga lainnya.

Dan keenam, menyampaikan keadaan diri dan atau keluarganya apabila terkonfirmasi positif COVID-19 kepada tim pencegahan dan penanggulangan COVID-19 UB.

(kha)

  • #Covid-19
  • #Virus Corona
  • #UB
  • #universitas brawijaya

Close