Produsen mobil gandeng komposer cari nada khas kendaraan listrik

Jakarta () – Ketika pembuat mobil beralih ke elektrifikasi kendaraan untuk memenuhi peraturan emisi yang lebih ketat, banyak dari mereka yang mulai berkolaborasi dengan komposer musik, game, dan film untuk mencari nada khas yang dapat menggantikan suara mesin.

Dikutip Kyodo, Minggu, Nissan Motor Co. dan unit riset perusahaan hiburan besar Bandai Namco Holdings Inc., yang memproduksi berbagai game dari seri "Pac-Man" hingga "Mobile Suit Gundam", mengembangkan efek suara seperti menginformasikan pengemudi untuk memakai sabuk pengaman dan peringatan saat pintu tidak tertutup.

Suara tersebut diperkenalkan pada model baru mobil kompak Note di Jepang, kendaraan sport Rogue dan Pathfinder di Amerika Serikat, serta Qashqai di Eropa yang mulai dijual sejak musim gugur tahun lalu.

Kolaborasi ini mencerminkan pengetahuan yang terakumulasi dalam industri video game tentang cara menyampaikan informasi yang diperlukan secara akurat dan memperingatkan perubahan situasi, kata perusahaan tersebut.

Dalam lima tahun masa percobaan, perusahaan mencoba berbagai pola skala dan tempo serta mencari suara ideal yang canggih, nyaman didengar dan tidak mengkhawatirkan.

"Kami menghilangkan ekspresi berlebihan dan menciptakan suara yang mudah didengar," kata Direktur suara di Bandai Namco Research Inc. Minamo Takahashi.

Lead engineer Nissan untuk desain suara informasi dalam mobil Hiroyuki Suzuki mengatakan bahwa model Note terbaru kini memberikan kesan modern dengan suara kontemporer.

Beberapa pembuat mobil lain mencoba membedakan kendaraan mereka dengan membuat suara mengemudi yang sebanding dengan pengapian dan percepatan mesin bensin.

BMW AG Jerman mengajak pemenang Academy Award Hans Zimmer, yang menyusun soundtrack untuk seri "Pirates of the Caribbean", untuk mengembangkan suara yang cocok untuk kendaraan listrik mereka. Di Jepang, fitur akustik baru akan tersedia pada model SUV iX mulai musim gugur ini.

Toyota Motor Corp. menciptakan suara buatan untuk akselerasi, ketika mendesain ulang kendaraan sel bahan bakar hidrogen Mirai pada bulan Desember.

Perubahan suara yang responsif terhadap pengereman dan akselerasi membantu pengemudi secara intuitif memahami kondisi mobil, kata perusahaan tersebut.

Baca juga: Penjualan Nissan Ariya tertunda karena COVID-19 dan kekurangan chip

Baca juga: Nissan investasi 1,82 miliar dolar AS kembangkan baterai untuk EV

Baca juga: Nissan kembangkan teknologi e-POWER demi kurangi emisi CO2

Pewarta: F017
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © 2021

  • Tags
  • Kendaraan listrik
  • Komposer
  • Nissan