Presiden Jokowi akan “groundbreaking” smelter Freeport di Gresik

Jakarta () – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan peletakan batu pertama atau “groundbreaking” pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa.

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada Selasa pagi dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden, diterima di Jakarta, Selasa.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden Jokowi akan langsung menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik. Di KEK Gresik, Presiden akan melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia.

Setelahnya, Presiden akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Freeport menargetkan pembangunan smelter tembaga di Gresik dapat rampung pada 2023 dengan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga 2 juta ton per tahun. Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun smelter di Gresik diperkirakan mencapai 3 miliar dolar AS.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © 2021