Polri imbau masyarakat disiplin terapkan prokes tekan kasus COVID-19

Jakarta () – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono mengimbau masyarakat kembali mendisiplinkan diri dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna menekan laju penambahan angka kasus COVID-19.

"Polri senantiasa mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena kita lihat pada beberapa daerah ada peningkatan daripada jumlah masyarakat yang terinfeksi COVID-19," kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Per tanggal 7 Juni 2021 laporan harian COVID-19 di sejumlah provinsi di Tanah Air mengalami peningkatan. Jawa Barat menjadi provinsi tertinggi jumlah kasus harian positif, yakni 1.790 kasus, disusul Jawa Tengah 1.451 kasus, Jawa Timur 1.197 kasus, dan Riau 313 kasus.

Kasus COVID-19 meningkat di sejumlah wilayah usai Lebaran 2021, terutama di wilayah yang jadi tempat mudik. Ditemukan klaster halalbihalal dan wisata.

Oleh karena itu, Rusdi mengingatkan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk kembali mendisiplinkan diri dengan menerapkan protokol kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan karena ini menjadi salah satu bagian untuk dapat memutus mata rantai dari pada penyebaran COVID-19 di Tanah Air," ujar Rusdi.

Polri mendukung upaya pengendalian COVID-19 di Tanah Air dengan mengerahkan personel di wilayah melakukan patroli dan operasi yustisi penegakan prokes.

Selain itu, Polri mengawal program vaksinasi nasional, memastikan vaksin sampai kepada masyarakat sasaran, mengerahkan tenaga medis kepolisian sebagai vaksinator, dan memfasilitasi rumah sakit melayani vaksinasi.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © 2021