Polda Sumbar menggandeng komunitas Tionghoa Padang gelar vaksinasi

Kami juga memberikan sembako untuk masyarakat yang mengikuti vaksinasi.

Padang () – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba menggandeng komunitas Tionghoa Padang Hubungan Tjinta Teman (HTT) menggelar vaksinasi COVID-19 di Kota Padang.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar Kombes Pol Joko Sadono, di Padang, Selasa, mengatakan hingga hari ini sudah ada 1.000 warga yang menjalani vaksinasi COVDI-19 di Gedung HTT Padang.

"Untuk data keseluruhan dengan reskrim polres jajaran masih menunggu karena sedang diinput," katanya pula.

Ia mengatakan masyarakat sangat antusias, dan datang ke lokasi penyelenggaraan vaksinasi dengan senang hati untuk divaksin. Hal ini menandakan kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi mulai meningkat dari sebelumnya.

"Pada kesempatan ini, kami juga memberikan sembako untuk masyarakat yang mengikuti vaksinasi. Penyerahan sembako itu demi meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19," kata dia lagi.

Selain pelaksanaan vaksinasi COVID-19 oleh tiga Direktorat Reserse Kriminal di Polda Sumbar juga dilaksanakan oleh reskrim polres jajaran Polda Sumbar.

"Pelaksanaan vaksinasi itu untuk dosis pertama dan dosis kedua. Kami bekerja sama dengan Biddokkes Polda Sumbar, pihak HTT, TNI, serta tenaga kesehatan lainnya," katanya.

Dia mengatakan program vaksinasi akan terus berlanjut untuk mendukung dan membantu program pemerintah sebagai upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 khususnya di Sumbar.

"Melalui vaksinasi ini bisa meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok, sekaligus membantu capaian vaksinasi di wilayah Provinsi Sumbar," katanya pula.

Selain itu, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk mencegah dan memutus pandemi COVID-19, namun penerapan protokol kesehatan jangan pernah diabaikan.

"Kami terus mengimbau masyarakat supaya tetap patuh prokes, pakai masker, dan mengurangi mobilitas, kemudian yang belum vaksin silakan datang ke gerai vaksinasi Polri, atau pihak lainnya," kata dia lagi.

Ketua Bidang Operasional HTT Padang Albert Hendra Lukman mengatakan pihaknya berupaya membantu untuk menyukseskan program pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Dalam menghadapi pandemi ini butuh gotong royong dan kita lihat institusi pemerintahan,TNI dan Polri getol mengejar capaian vaksin dan kita siap untuk membantu dengan fasilitas yang kami miliki," kata dia lagi.

Menurut dia, HTT berupaya berkontribusi membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi, mulai bantuan sembako, menggelar vaksinasi dalam jumlah besar sudah lebih dari 50 kali dilakukan.

Bahkan, katanya pula, hal ini sudah seperti rutinitas yang dijalankan dalam menggelar program vaksinasi ini.

"Kami memiliki fasilitas gedung dengan pendingin ruangan yang membuat nyaman masyarakat dan petugas kesehatan dalam melakukan vaksinasi," kata dia lagi.
Baca juga: Sumbar andalkan vaksinasi terpusat tingkatkan capaian
Baca juga: Sumbar targetkan capaian vaksinasi 70 persen hingga akhir tahun

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2021