PLN Babel siapkan 713 personel siaga Natal dan tahun baru

Pangkalpinang () – Perusahaan Listrik Negara unit induk wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 713 personel siaga untuk menjaga kelancaran pasokan listrik selama masa libur Natal dan tahun baru 2022.

"Sebanyak 713 personel tersebut terbagi untuk wilayah operasional di Pulau Belitung sebanyak 227 orang dan di Bangka 496 orang. Seluruhnya merupakan tenaga ahli daya yang disiagakan di 61 posko," kata General Manajer PT PLN unit induk wilayah Babel Amris Adnan di Pangkalpinang, Sabtu.

Sebanyak 61 posko siaga tersebut tersebar di seluruh wilayah Provinsi Babel, meliputi satu posko pusat yang berada di kantor wilayah, 16 posko UP3, 10 posko siaga di Pulau Belitung dan 34 posko siaga di Pulau Bangka.

Kesiapsiagaan yang dilakukan PT PLN wilayah Babel dilakukan untuk mendukung kelancaran ibadah Natal dan tahun baru 2022, dengan dukungan suplai listrik di sistem Bangka saat ini 184,05 MW dengan beban puncak 183 MW, sedangkan di sistem Belitung sebesar 71,4 MW dengan beban puncak 49,0 MW.

"Selain itu, kami juga telah menyiapkan 51 kendaraan, dua mesin 'uninterruptible power supply' (UPS) dan 29 unit gardu bergerak yang berjaga di lokasi-lokasi siaga, khususnya di lokasi perayaan serta disediakan jenset sebagai suplai cadangan," katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas untuk menjaga keandalan suplai listrik di beberapa lokasi prioritas, meliputi instalasi vital seperti perkantoran pemerintahan, rumah sakit, tempat ibadah, pusat transportasi dan pusat keramaian.

"Untuk meningkatkan kesiapsiagaan menjaga keandalan pasokan listrik guna mendukung kelancaran pelayanan pada masa siaga, kami juga sudah menggelar apel gabungan," katanya.

Amris mengatakan, bila terjadi gangguan kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi pusat pelayanan PLN (0717) 123, facebook PLN 123, twitter @PLN_123, dan instagram @pln123_official.

Saat ini PLN juga sudah memiliki aplikasi PLN Mobile yang bisa memenuhi kemudahan segala urusan kelistrikan dalam satu genggaman Aplikasi New PLN Mobile, yang bisa diunduh di PlayStore dan AppStore.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © 2021