Pasukan ‘Khusus’ TNI Disiagakan Antisipasi Bencana Alam di Bogor

https: img.okezone.com content 2020 12 10 338 2325485 pasukan-khusus-tni-disiagakan-antisipasi-bencana-alam-di-bogor-OjKO9D6adE.jpg

BOGOR – Seratusan pasukan Komando Resor Militer (Korem) 061/Suryakencana khusus disiagakan untuk penanganan bencana alam. Pasukan tersebut akan bersiaga di wilayah Bogor dan sekitarnya. 

“Kita siapkan satuan setingkat kompi, artinya ada 100 orang yang siap diperbantukan untuk penanganan bencana di mana-mana, di luar anggota Koramil atau Kodim yang sudah disiapkan,” kata Komandan Korem (Danrem) 061/ Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi, kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Fauzi menambahkan, pasukan “khusus” di bawah komandonya itu pun sedang menjalani pelatihan di Yonif 315/Garuda, Kota Bogor. Di sana, mereka ditempa lebih dalam terkait penanganan bencana.

“Kita sudah dan sedang melaksanakan pelatihan penanganan bencana,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya yang membawahi tiga wilayah yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi juga telah mempersiapkan berbagai peralatan pendukung. Mulai dari peralatan personal hingga perahu karet. 

Baca juga: Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Sukabumi, 3 Rata dengan Tanah

“Kita juga sudah cek kesiapan alat-alat yang digunakan saat penanganan bencana. Mulai dari LCR (Landing Craft Rubber), kita siapkan LCR itu, sampai peralatan cangkul dan lain-lain,” ungkap Fauzi.

Ia menambahkan, pasukan ini memang sengaja disiapkan karena berdasarkan data setiap akhir tahun kerap terjadi bencana. Oleh karena itu, pihaknya akan mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi. 

“Bulan ini memang biasanya bulan-bulan dimana sering terjadi bencana, oleh karena itu kita antisipasi. Sudah ada datanya, mana daerah rawan bencana seperti longsor, banjir atau angin puting beliung itu sudah ada data dan pemetaannya,” tutupnya. 

1
2

  • #Antisipasi Bencana
  • #Bencana Alam
  • #bogor
  • #tni

Close