Oknum Marinir Pembunuh Babinsa di Tambora Divonis 12 Tahun Penjara

https: img.okezone.com content 2020 10 20 338 2296877 oknum-marinir-pembunuh-babinsa-di-tambora-divonis-12-tahun-penjara-s0jHLxtqR4.jpg

JAKARTA – Oknum marinir TNI AL, RW, terdakwa pembunuh anggota Babinsa Pekojan Kodim 0503/JB, Serda ASP divonis 12 tahun penjara. Vonis dibacakan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Militer II-08 Jakarta Timur, Selasa (20/10/2020).

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Sus Aidil menuturkan, vonis dibacakan oleh Hakim Ketua Kolonel Chk (K) Prastiti Siswayani. Selain divonis 12 tahun kurungan penjara, RW juga diberikan pidana tambahan berupa pemecatan dari dinas milter TNI AL, serta membebankan biaya perkara kepada terdakwa sebesar Rp15.000.

BACA JUGA: Pelaku Penusukan Anggota TNI di Hotel Ditangkap 

“Hakim Ketua menyampaikan bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana berupa tanpa hak menggunakan senjata api, munisi dan senjata, penusukan, pembunuhan, dengan sengaja dan melawan hukum perusakan barang sesuatu yang seluruhnya adalah kepunyaan orang lain,” kata Aidil dalam keteranganya, Selasa malam.

Aidil menuturkan, dalam sidang yang terbuka untuk umum itu turut dihadiri oleh Oditur Militer Kolonel Sus Frayatno Situmorang dan Letkol Chk Salmon Balubun. Di samping itu, sidang juga dihadiri oleh penasehat hukum dari terdakwa yakni Mayor Marinir Soelistiyantono, Mayor Laut (KH) Andi Masriadi beserta anggota tim penasehat hukum lainnya.

“Usai pembacaan putusan, terdakwa pembunuhan Babinsa Pekojan mengajukan permohonan banding kepada majelis hakim ketua dengan dilanjutkan penandatanganan akta banding,” ujarnya.

BACA JUGA: Terancam Dipecat, Oknum Perwira Marinir Pembunuh Babinsa Dituntut 10 Tahun Penjara

Diberitakan sebelumnya, dalam agenda sidang yang digelar pada Kamis (15/10/2020) RW dituntut 10 Tahun kurungan penjara. RW pun dituntut dengan pasal berlapis.

Pasal pertama yakni pasal pembunuhan menghilangkan nyawa orang lain, perusakan fasilitas umum. Serta Undang-Undang Nomor 12 Darurat Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api.

(dka)

  • #Babinsa Ditembak
  • #Tambora
  • #Anggota TNI Ditusuk
  • #Anggota TNI Ditembak
  • #Babinsa ditusuk
  • #Babinsa

Close