Menteri hingga Kepala Daerah Pernah Positif Covid-19 Tak Masuk Prioritas Vaksinasi

https: img.okezone.com content 2021 01 12 337 2343365 menteri-hingga-kepala-daerah-pernah-positif-covid-19-tak-masuk-prioritas-vaksinasi-ntp3b4pqa1.jpg

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan bahwa kelompok masyarakat yang akan divaksin adalah yang belum pernah terpapar Covid-19. Dia mengatakan, penyintas covid atau orang yang pernah terpapar covid tidak dijadikan prioritas penerima vaksin.

Sehingga dapat dipastikan menteri-menteri maupun kepala daerah yang pernah terpapar Covid-19 tidak akan menerima vaksinasi.

“Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19 sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin untuk sementara ini untuk orang-orang yang belum pernah terpapar,” katanya dalam konferensi persnya, Selasa (12/1/2021). 

Seperti diketahui, beberapa Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang sempat terpapar Covid-19, yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menaker Ida Fauziah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sementara itu kepala daerah yang sempat terpapar corona adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto.

Baca juga: Menkes dan Menkominfo Teken SKB Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19, Ini Isi Lengkapnya

Lalu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Wali Kota Depok Mohammad Idris, Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. 

Rencananya pelaksanaan program vaksinasi akan mulai dijalankan besok. Dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi yang pertama divaksinasi.

“Saat ini setpres berkoordinasi dengan kemenkes sedang melakukan persiapan untuk pengaturan tata cara vaksinasi dari penyuntikan vaksinasi pertama untuk presiden,” ungkapnya. 

Senada dengan Istana, Wiku memastikan bahwa proses penyuntikan tersebut akan disiarkan secara live streaming.

“Rekan-rekan wartawan dapat langsung menyaksikan proses tersebut sekaligus melihat siapa saja yang mendapatkan vaksin esok hari,” tuturnya. 

Sebelumnya Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa vaksinasi covid-19 perdana akan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta.  Heru juga memastikan kondisi kesehatan Presiden Jokowi baik. Sehingga dapat dipastikan Presiden dapat menerima vaksin covid-19. 

“Iya tidak ada masalah (kesehatan),” ujarnya.  

1
2

  • #Satgas Covid-19
  • #Wiku Adisasmito
  • #Covid-19
  • #Vaksin COVID-19

Close