Membedah rasa berkendara New Xpander

Karawang () – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan New Xpander dan Xpander Cross dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11) lalu.

Seiring dengan peluncuran tersebut, pabrikan berlambang tiga berlian itu terus berupaya mempromosikan dua kendaraan andalan yang telah disegarkan itu di pasar otomotif dalam negeri.

Terbaru, mereka menggelar mini test drive Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross di Bridgestone Proving Ground, Karawang Jawa Barat, Selasa (16/11).

Melalui kegiatan tersebut, Mitsubishi berharap para insan media memperoleh pengalaman menyeluruh mengendarai kendaraan yang pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada 2017 lalu itu.

berkesempatan menjajal ketangkasan, kenyamanan, dan akselerasi New Xpander varian tertinggi yakni Ultimate CVT di lintasan sepanjang 2 KM.

Nyaman, adalah hal pertama yang dirasakan saat berada di balik kemudi. Posisi duduk terasa ergonomis, ditopang dengan kursi yang memiliki pengaturan cukup lengkap, sandaran tangan, serta setir yang dapat diatur tilt dan teleskopik.

Ruang interior yang dibalut material lembut pada sisi dashboard dan doortrim, dipadu dengan multimedia display berukuran 8 inci, AC digital, cluster meter dengan opening animasi, serta roda kemudi berdesain anyar, memberikan nuansa elegan dan mewah saat berkendara.
 

Tampilan interior Mitsubishi New Xpander (/Fathur Rochman)

Ketika tombol start engine ditekan lalu pedal gas diinjak dalam, kesan pertama yang terasa adalah akselerasi mantap dengan tenaga dan torsi yang tergolong instan.

Namun, hentakan yang dihasilkan tetap terasa nyaman dan stabil. Berbekal tenaga 105 ps dan torsi 141 Nm yang disemburkan oleh mesin 1,5 L Mivec DOHC 16 katup, lintasan lurus Bridgeston Proving Ground sejauh 850 meter terasa mudah ditaklukkan hanya dengan sekali injakan pedal.

Penggunaan transmisi CVT menggantikan transmisi AT konvensional juga memberi perubahan yang positif. Saat mobil dikendarai dengan kecepatan normal dan gaya mengemudi yang stabil, perpindahan gigi terasa sangat halus tanpa hentakan persneling.

Namun, ketika mobil dikendarai dengan gaya mengemudi yang agresif di kecepatan tinggi, terasa ada sedikit hentakan saat perpindahan gigi, memberikan sensasi seperti triptonic yang membuat rasa berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Beralih ke urusan handling, New Xpander terasa mudah dikendalikan dan stabil saat melibas lintasan menikung dalam kecepatan cukup tinggi, baik di area tikungan lebar maupun menyempit.

Begitu pula saat dicoba bermanuver zig zag dan melewati lintasan bergelombang. Lingkar kemudi terasa presisi dan mudah diajak bergerak tangkas. Minim terasa adanya body roll atau limbung ketika New Xpander melahap manuver tersebut.

Mitsubishi New Xpander (/Fathur Rochman)

Adapun bantingan suspensi dirasa rigid dan agak kaku, tetapi tetap tidak mengorbankan aspek kenyamanan. Diketahui, suspensi New Xpander kini telah ditingkatkan melalui Sized-up Rear Shock-absorber dan High Performance Valve.

Peningkatan tersebut memberikan stabilitas yang lebih nyaman, termasuk saat berkendara di jalanan berkarakter kasar. Mitsubishi menyebut pengaturan suspensi itu telah disesuaikan untuk muatan lokal Indonesia.

Kekedapan kabin New Xpander tergolong baik. Nyaris tidak ada kebisingan yang mengganggu keasyikan berkendara. Selain itu, mobil ini juga memiliki visibilitas yang baik untuk mendukung berkendara di berbagai medan.

Secara keseluruhan, Mitsubishi New Xpander menawarkan kenyamanan yang sangat ideal untuk jenis mobil segmen multi purpose vehicle (MPV). Selain itu, performa dan manuver yang mumpuni memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Bagi Anda yang tengah mencari mobil keluarga nyaman, relatif kencang, serta memiliki tampilan "tampan", rasanya Mitsubishi New Xpander bisa menjadi alternatif pilihan yang pantas dipertimbangkan.

Baca juga: Indonesia penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi Global

Spesifikasi singkat

New Xpander hadir dengan desain eksterior "Dynamic Shield" khas Mitsubishi Motors yang telah disegarkan sehingga menawarkan tampilan yang lebih gagah dan modern.

Pembaruan eksterior terdapat pada desain bumper depan, headlight dengan LED, desain belakang, T-Shape LED Tail-light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, dan velg alloy two tone 17 inci.
 

Mitsubishi New Xpander (/Fathur Rochman)

Sedangkan interior New Xpander menawarkan sejumlah pembaruan seperti desain dashboard soft touch, warna interior, panel AC digital, layar sentuh audio 8 inci dengan Smartphone Linked Display Audio, desain cluster meter dengan opening animasi, desain roda kemudi.

Terdapat pula pembaruan armrest belakang dengan cup holder, tombol start/stop, dan cruise control. New Xpander juga telah disempurnakan dengan penyematan CVT yang menggantikan transmisi AT konvensional.

New Xpander juga mengalami peningkatan pada bagian suspensi dengan “Sized-up Rear Shock-absorber” dan “High Performance Valve”.
 

Mitsubishi New Xpander (/Fathur Rochman)

Sistem keselamatan yang disematkan pada New Xpander yakni Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX, electric parking brake baru dengan brake auto hold, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist (ASC, BA dan HSA, dilengkapi mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT).

Terdapat enam pilihan warna yang dihadirkan, yaitu Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, Graphite Gray Metallic, Red Metallic, dan Deep Bronze.

Selain itu terdapat tiga warna interior berbeda untuk New Xpander, yakni Black and Dark Beige (Ultimate CVT), Black and Brown (Sport CVT & MT), dan Black (GLS, Exceed).

Mitsubishi New Xpander hadir dalam tujuh varian yaitu Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT.

New Xpander tipe terendah dibanderol Rp228.030.000, sedangkan tipe tertinggi dijual dengan harga Rp272.580.000.

Berikut daftar harga lengkap New Xpander yang telah menggunakan skema PPnBM 100 persen.

Xpander GLS MT Rp228.030.000
Xpander GLS CVT Rp236.490.000
Xpander Exceed MT Rp240.360.000
Xpander Exceed CVT Rp248.300.000
Xpander Sport MT Rp258.430.000
Xpander Sport CVT Rp270.440.000
Xpander Ultimate CVT Rp272.580.000

Baca juga: New Xpander dan Xpander Cross meluncur di GIIAS, berapa harganya?

Baca juga: Xpander baru dirilis, versi hybrid kapan diluncurkan?

Baca juga: Kiprah empat tahun Mitsubishi Xpander di pasar MPV Indonesia

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © 2021
  • Tags
  • Mitsubishi Xpander
  • New Xpander
  • New Xpander Cross