Korbinmas Baharkam Polri kukuhkan pengurus nasional Pokdarkamtibmas

Jakarta () – Korps Pembinaan Masyarakat (Korbinmas) Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam Polri) mengukuhkan kepengurusan nasional Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) masa bakti tahun 2021-2026.

"Pokdarkamtibmas merupakan mitra Polri yang aktif dan sebagai sumber informasi bagi Polri dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Kepala Korbinmas Baharkam Polri (Kakorbinmas Baharkam Polri) Irjen Suwondo Nainggolan berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengemukakan hal tersebut dalam acara pengukuhan yang berlangsung di Hotel Ambara, Jakarta Selatan, Jumat (28/1).

Lebih lanjut, Suwondo mengatakan sinergi di Pokdarkamtibmas dan Polri akan membuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi lebih kondusif.

Selain itu, kata dia, informasi dari Pokdarkamtibmas terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pun akan membuat gangguan tersebut dapat dicegah sejak dini.

"Dengan informasi tersebut, akan muncul langkah awal Polri untuk memprediksi situasi ke depan yang akan terjadi sehingga langkah-langkah Polri juga akan lebih tepat," ujar Suwondo.

Ia pun memandang permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara tuntas sesuai program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yaitu prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan (Presisi).

Selanjutnya, Suwondo menyampaikan bahwa Polri senantiasa bersinergi dengan berbagai kelompok untuk memastikan dan memberikan rasa aman serta damai kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Wagub Babel mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

"Polri menggalang sistem pengamanan lingkungan dengan melibatkan seluruh potensi masyarakat untuk mendorong terciptanya kamtibmas yang kondusif," ucapnya.

Lalu ke depan, Suwondo berharap Pokdarkamtibmas dapat dibentuk di seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, kata dia, seluruh masyarakat dapat bekerja sama dengan kepolisian untuk menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

"Harapan ke depannya, dibentuk Pokdarkamtibmas di setiap wilayah yang belum memilikinya sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan kemampuan pemecahan masalah," ucapnya.

Baca juga: Masyarakat Kalbar sepakat jaga keberagaman dan tolak anarkis

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © 2022