Komnas HAM Susun Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI sejak Pekan Lalu

https: img.okezone.com content 2021 01 06 337 2340163 komnas-ham-susun-hasil-investigasi-tewasnya-6-laskar-fpi-sejak-pekan-lalu-IB1HDuK5Cd.jpg

JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sudah mulai menyusun hasil dari investigasi kasus baku tembak antara Laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan kepolisian. Peristiwa mencekam itu terjadi pada Senin 7 Desember 2020 dini hari dan menewaskan enam laskar FPI.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, penyusunan hasil investigasi tersebut dimulai pada pekan lalu. “Proses penulisan sebenarnya sudah beberapa pekan yang lalu, sejak minggu kemarin,” kata Anam di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga:  Polisi Kembali Periksa Korlap Aksi 1812 Rizal Kobar

Dia menuturkan, banyaknya bahan dan keterangan yang diterima oleh pihaknya menjadi salah satu tantangan tersendiri. Oleh karenanya, Komnas HAM tengah merunutkan kembali detil-detil peristiwa agar fakta terkait kejadian tersebut dapat dipaparkan dengan lengkap.

“Tapi memang tantangan paling besar adalah karena bahan yang diterima itu sangat banyak, mau tidak mau kita memang mendetilkan itu agar sebagai satu fakta peristiwa itu pokok faktanya dan informasinya juga lengkap. Siapapun yang menggunakan laporan tersebut bisa melihat peristiwanya terang,” tuturnya.

Baca Juga:  Petisi Presiden dan DPR RI Bentuk Tim Pencari Fakta Penembakan 6 Laskar FPI Bermunculan

Pihak Komnas HAM, kata Anam berharap agar tidak ada lagi hoaks yang tersebar terkait dengan periatiwa tewasnya enam laskar FPI. Menurutnya, sudah menjadi hak bagi publik untuk mengetahui secara lengkap peristiwa ini.

“Kami berharap, peristiwa yang terang ini tidak ada lagi yang hoaks, tidak ada lagi yang miss leading informasi, dan sebagainya. Hak publik itu harus dijaga untuk mengetahui apa dan bagaimana peristiwa itu berlangsung,” ungkapnya.

(Ari)

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
  • #Polda Metro Jaya
  • #Penembakan Laskar FPI
  • #Laskar FPI Ditembak
  • #komnas ham

Close