Kemarin, pilkades serentak hingga PPN sembako minta dibatalkan

Jakarta () – Lima berita politik pada hari Minggu (13/6) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari pilkades serentak di Mukomuko hingga MPR minta rencana PPN sembako dan pendidikan dibatalkan.

1. Sebanyak 47 desa di Kabupaten Mukomuko gelar pilkades serentak

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 47 desa di daerah ini menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Tahapan selanjutnya penetapan daftar peserta pilkades, yakni sebanyak 47 desa. Kami sedang membuat draf SK bupati untuk menetapkan peserta pilkades,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli, di Mukomuko, Sabtu.

Selengkapnya di sini

2. Ketua MPR minta pemerintah batalkan rencana PPN sembako dan pendidikan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah khususnya Kementerian Keuangan membatalkan rencana mengenakan pajak PPN terhadap sektor sembako dan pendidikan, yang tertuang dalam revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Dia menilai rencana kebijakan tersebut bertentangan dengan sila ke-5 Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dan sektor sembako-pendidikan juga sangat berkaitan dengan naik turunnya inflasi.

Selengkapnya di sini

3. Musda Demokrat Aceh tertunda karena Gubernur masih isolasi mandiri

Musyawarah daerah (musda) V DPD Partai Demokrat Aceh ditunda karena Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang juga Ketua Demokrat Aceh positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri,disamping Banda Aceh kini berstatus zona merah.

"Kami mengkaji juga Pak Gubernur Aceh yang sekaligus Ketua DPD Demokrat masih isolasi mandiri, dan Banda Aceh zona merah," kata Ketua Panitia Pelaksana Musda Demokrat Aceh Robby Syah Putra, di Banda Aceh, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Satgas TNI ajak pemuda di perbatasan jauhi narkoba dan minuman keras

Satgas TNI Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Towe Hitam mengajak para pemuda di Kampung Towe, Kabupaten Keerom yang berbatasan wilayah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) untuk bersama-sama menjauhi dan minuman keras beralkohol, narkoba dan obat-obat terlarang.

Dansatgas Yonif 403/Wirasada Pratista Lerkol Inf. Ade Pribadi Siregar dalam keterangan di Keerom, Minggu mengungkapkan, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sangat peduli terhadap masa depan para generasi muda bangsa khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG untuk mencegah peredaran narkoba, miras serta obat terlarang melalui komunikasi sosial.

Selengkapnya di sini

5. Fahri Hamzah: Capres 2024 harus miliki gagasan bukan sekedar figur

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah mengatakan calon presiden (capres) 2024 harus memiliki ide atau gagasan mengenai Indonesia ke depan, sehingga capres bukan hanya dari sudut pandang figur.

Menurut dia, partainya akan mendukung capres yang memiliki ide atau gagasan mengenai Indonesia ke depan dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 dan tidak akan mendukung capres dari sudut pandang figur atau sosoknya saja.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © 2021