Kemarin, kasus Lapas Narkotika di Yogyakarta sampai lomba orasi Polri

Jakarta () – Ragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (24/11), mulai dari perkembangan kasus dugaan kekerasan di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta sampai lomba orasi yang digelar oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk memperingati Hari HAM Sedunia.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan :

1. Kemenkumham DIY limpahkan kasus Lapas Narkotika Yogyakarta ke pusat

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta melimpahkan penanganan kasus dugaan kekerasan di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta ke Kemenkumham RI.

"Untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan kewenangan yang ada di Inspektorat Jenderal (Kemenkumham RI)," kata Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkum HAM DIY Purwanto saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Lima terdakwa pembunuhan gajah dituntut 54 bulan penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Aceh Timur menuntut lima terdakwa pembunuhan gajah sumatra yang ditemukan tanpa kepala dengan hukuman masing-masing 54 bulan atau empat tahun enam bulan penjara.

Tuntutan dibacakan JPU Harry Arfhan dan M Iqbal Zakwan pada persidangan di Pengadilan Negeri Idi, Kabupaten Aceh Timur, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Polres Depok akan uji coba penerapan ganjil-genap di Jalan Margonda

Polres Metro Depok akan uji coba penerapan ganjil-genap pada Sabtu dan Minggu 4-5 Desember 2021, yang dilakukan di Jalan Margonda Raya, Kota Depok.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra dalam keterangan tertulisnya di Depok, Rabu menjelaskan, uji coba yang akan digelar merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait.

Selengkapnya baca di sini.

4. Polri adakan Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri peringati HAM

Divisi Humas Polri memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia dengan mengadakan Lomba Orasi Unjuk Rasa memperebutkan Piala Kapolri pada 10 Desember 2021.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

Selengkapnya baca di sini.

5. Satgas Madago Raya gelar razia persempit gerak simpatisan DPO Poso

Satgas Madago Raya menggelar razia dan pemeriksaan di jalur menuju pegunungan Dusun V, Desa Tanalanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu, untuk mengantisipasi simpatisan DPO teroris Poso yang memberikan bantuan logistik.

“Razia bertujuan mengantisipasi simpatisan yang berupaya memberikan bantuan kepada DPO teroris Poso. Razia ini sekaligus mempersempit gerak DPO maupun simpatisannya,” tegas Wakasatgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Buriyono yang dihubungi di Poso.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © 2021