Kemarin, IHSG ditutup merah hingga prediksi ekonomi triwulan II 2021

Jakarta () – Berita tentang penutupan Indeks Harga Saham Gabungan pada akhir pekan yang terkoreksi 35,86 poin atau 0,58 persen ke posisi 6.101,69 menjadi berita terpopuler topik ekonomi di news.com pada Jumat kemarin (23/7/2021).

Selain itu, ada pula informasi tentang strategi pemerintah dalam menjaga keseimbangan harga ayam potong di tingkat peternak hingga berita pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021 yang diproyeksi terdongkar momentum Lebaran.

Berikut berita terpopuler ekonomi selengkapnya:

IHSG terkoreksi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan terkoreksi, dibayangi kembali naiknya jumlah kasus harian COVID-19 di Tanah Air.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.367.738 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,17 miliar lembar saham senilai Rp12,38 triliun. Sebanyak 191 saham naik, 277 saham menurun, dan 172 tidak bergerak nilainya.

Baca selengkapnya di sini.

Stabilisasi sektor perunggasan

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian memastikan akan terus berupaya melindungi peternak dengan menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan dengan cara melakukan pengendalian produksi bibit ayam broiler atau day old chicken final stock (DOC FS) yang disesuaikan dengan permintaan ayam ras.

Dampak dari pengendalian produksi DOC FS berkorelasi positif terhadap pergerakan harga live bird (LB) atau ayam hidup siap potong yang membaik di tingkat peternak yaitu di atas harga pokok produksi (HPP).

Baca selengkapnya di sini.

KUR Bank Mandiri Rp19,68 triliun

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merealisasikan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp19,68 triliun pada semester I 2021 kepada 200.339 debitur.

Penyaluran KUR Bank Mandiri tersebut terdiri atas ke KUR kecil sebesar Rp16,01 triliun serta KUR mikro senilai Rp3,63 triliun. Dari nilai penyaluran itu, sebanyak 58,03 persen atau setara dengan Rp11,42 triliun telah disalurkan ke sektor produksi yang meliputi sub-sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, jasa produksi dan turunannya.

Baca selengkapnya di sini.

Vaksinasi massal di pelabuhan

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran dan melindungi diri dari COVID-19.

Pelaksaaan vaksinasi menyasar seluruh insan transportasi, buruh tenaga kerja bongkar muat, pekerja, dan masyarakat maritim di lingkungan pelabuhan.

Baca selengkapnya di sini.

Lebaran dongkrak ekonomi triwulan II 2021

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan pertumbuhan ekonomi triwulan II-2021 bisa berada dalam zona positif karena adanya momen Lebaran.

Dia memperkirakan perayaan Lebaran yang disertai dengan pembayaran tunjangan hari raya secara penuh dapat memperbaiki daya beli pekerja dan mendukung ekonomi tumbuh pada kisaran 2 hingga 4 persen pada periode ini.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © 2021