Kemarin, aduan pinjol bertambah hingga ajakan kaum muda berwirausaha

Jakarta () – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendukung perusahaan telekomunikasi memperluas jaringan 5G, khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan, hingga ajakan berwirausaha karena melesatnya pertumbuhan ekonomi digital kemarin. Simak pemberitaan lainnya.

 

1. Airlangga dukung teknologi ekonomi digital di Indonesia timur

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah mendukung upaya pengembangan teknologi ekonomi digital di wilayah Indonesia timur.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga saat memberikan keynote speech secara virtual, Jumat, dalam peluncuran riset bertajuk Dampak Grab pada Perekonomian dan Sosial Budaya di Kupang dan Jayapura.

 

2. Ekonomi digital melesat, Mendag ajak kaum muda jadi pengusaha

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan dalam sembilan tahun ke depan pada 2030, ekonomi digital Indonesia akan tumbuh 800 persen, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan anak muda Indonesia dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur di bidang teknologi.

“Ekonomi digital Indonesia akan tumbuh dari Rp632 triliun pada 2020 menjadi Rp 4.531 triliun pada akhir 2030 atau tumbuh 800 persen dalam sembilan tahun ke depan,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

3. Menkeu : Indonesia bawa isu pengurangan emisi karbon di Presidensi G20

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Indonesia akan membawa isu pengurangan emisi karbon pada Presidensi G20.

“Platform ini akan kita gunakan agar kita dapat berkolaborasi dan bekerja sama karena seperti halnya pandemi, perubahan iklim tidak dapat ditanggulangi oleh negara manapun sekalipun negara terbesar,” kata Menkeu Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam acara ADB Institute secara daring, Jumat.

 

4. OJK: Pengaduan masyarakat terkait pinjol ilegal terus bertambah

Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam Lumban Tobing menyebutkan hingga kini sudah 3.631 perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang telah diblokir sejak 2018.

“Jumlah itu terus bertambah dari waktu ke waktu sesuai dengan pertambahan aduan dari masyarakat,” ujar Tongam secara virtual dalam agenda media gathering OJK Kalbar, Kamis.

 

5. Menteri Investasi dukung keberadaan jaringan 5G di Indonesia timur

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendukung perusahaan telekomunikasi memperluas jaringan 5G, khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan, mengingat provinsi itu memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian nasional khususnya Indonesia timur.

"Dalam era pandemi ini, semua berubah dan semua memakai teknologi dan kehadiran Indosat Ooredoo merupakan solusi dan langkah tepat dalam memajukan perekonomian khususnya di wilayah Indonesia timur," kata Bahlil di Makassar, Sulsel, Jumat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © 2021