Jenderal Andika: Terus mengabdi untuk kemanusiaan

Jika ada yang positif langsung daftar, terserah ke rumah sakit mana yang terdekat.

Jakarta () – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan motivasi kepada para tenaga kesehatan (nakes) agar terus mengabdi untuk kemanusiaan.

"Terus mengabdi untuk kemanusiaan," pesan Andika dalam kunjungannya di sejumlah rumah sakit (RS) milik TNI AD yang dipantau melalui kanal YouTube TNI AD di Jakarta, Jumat.

Didampingi istri Hetty Andika Perkasa, Kasad Andika fokus menanyakan kondisi kesehatan para nakes dan para pegawai negeri sipil (PNS) di setiap rumah sakit khusus menangani pasien COVID-19.

"Jika ada yang positif langsung daftar, terserah ke rumah sakit mana yang terdekat," kata Andika.

Di RS Lapangan Benteng Vastenburg di Surakarta, Jenderal Andika didampingi Kepala RS Lapangan Letkol CKM dr. Ardianto.

"Kami tidak pernah menolak pasien, baik keluarga TNI maupun masyarakat sipil," kata Ardianto.

Sementara itu, salah seorang PNS bernama Handayani mengatakan fasilitas rumah sakit lapangan tersebut memiliki peralatan sangat lengkap. Walaupun hanya di tenda, terdapat IGD, mini ICU, ruang rontgen, hingga laboratorium

Kunjungan selanjutnya Jenderal Andika di RS Dr. Soetarto di Yogyakarta. Direktur RS Letkol CKM dr. Zamroni melaporkan untuk tenaga kesehatan yang mengalami kontak erat dan dinyatakan positif yang bergejala ringan dilakukan isolasi mandiri, sementara yang sedang dan berat dirawat di rumah sakit.

Selain itu, dia juga berterima kasih untuk dukungan dari Jenderal Andika dan istri berupa APD, logistik, hingga vitamin yang sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh nakes.

"Kunjungan ini meningkatkan moril tenaga kesehatan, ini bukan kunjungan pertama, melainkan ini sudah yang kesekian kalinya," kata Zamroni.

Selain dua rumah sakit itu, Jenderal Andika juga mengunjungi RS Wijaya Kusuma di Purwekerto, RS Bhakti Wira Tamtama di Semarang, dan RS dr. Soedjono di Magelang.

Dalam kunjungan itu, Jenderal Andikan juga menyapa para peserta vaksinasi COVID-19 di RS milik TNI AD itu.

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © 2021