Inggris wajibkan rumah baru miliki pengisi daya mobil listrik

Jakarta () – Pemerintah Inggris membuat aturan di mana rumah-rumah yang baru dibangun wajib dilengkapi dengan pengisi daya untuk mobil listrik.

Keputusan itu akan menjadikan Inggris sebagai negara pertama yang memberlakukan aturan ketat mendukung ekosistem yang lebih baik untuk kendaraan listrik.

Melansir Electrek, Minggu, tidak hanya rumah tapi juga kantor yang baru juga harus menyediakan fitur perangkat pengisian daya pintar sehingga secara otomatis bisa mengisi daya mobil ketika sedang tidak digunakan.

Khusus di kantor, titik pengisian daya untuk kendaraan listrik wajib dihadirkan untuk setiap lima slot tempat parkir.

Langkah itu diambil juga untuk mendorong masyarakat Inggris bisa perlahan beralih dari pengguna kendaraan berbahan bakar bensin menjadi pengguna kendaraan listrik.

Faktor lainnya yang menyebabkan keputusan itu dianbil karena Inggris tengah bersiap menghentikan produksi kendaraan berbahan bakar fosil di 2030.

Aturan itu telah digodok sejak 2019 dan akhirnya terealisasi pada 2021 dan memberikan harapan baru bagi para pengguna mobil listrik yang sempat cemas tak bisa mengisi daya karena kesulitan akses tempat pengisian daya terutama mereka yang tidak memiliki garasi di rumahnya.

Salah satu pemain industri dari energi terbarukan di Inggris yaitu Perusahaan Good Energy menyambut langkah itu dengan sukacita.

CEO dari Good Energy yaitu Nigel Pocklington mengatakan aturan itu membuat efisiensi penggunaan energi menjadi lebih optimal.

"Pengisian daya listrik di rumah maupun di kantor menjadi langkah krusial, karena bisa mengdekarbonisasi tidak hanya transportasi di Inggris tapi seluruh sistem energi lainnya. Seperti meningkatnya efisiensi penggunaan energi terbarukan, menghadirkan penggunaan panel surya pada 13,5 juta rumah di Inggris. Kami harap ini sebagai rencana yang baik untuk rumah- rumah baru," kata Nigel.

Regulasi tersebut akan mulai berlaku pada 2022 sehingga setiap rumah dan kantor baru menyediakan pengisi daya untuk kendaraan listrik

Langkah lainnya mendukung konversi kendaraan berbahan bakar fosil menuju kendaraan listrik yang diambil oleh Inggris adalah dengan menghadirkan aplikasi bernama "EV8 Switch".

Aplikasi itu mengkonversi jumlah uang yang bisa dihemat pengguna mobil di Inggris dengan beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi pengguna kendaraan listrik.

Aplikasi yang dirilis di hari Kendaraan Listrik Sedunia itu juga mampu mengukur kadar karbondioksida yang berkurang hingga peningkatan kualitas udara yang dilakukan oleh pemilik dan pengguna kendaraan listrik.

Pengemudi juga dapat melihat kendaraan listrik mana yang paling cocok untuk mereka berdasarkan kendaraan mereka saat ini dan bagaimana peralihan ke listrik dapat sesuai dengan gaya hidup mereka saat ini.

Mereka yang memiliki aplikasi "EV8 Switch" juga dapat melihat seberapa dekat titik pengisian terdekat mereka, dan perjalanan mana yang dapat diselesaikan tanpa perlu mengisi ulang dalam perjalanan.

Baca juga: Pemerintah percepat eksplorasi logam tanah jarang

Baca juga: Jumlah infrastruktur pengisian kendaraan listrik capai 240 unit

Baca juga: Upaya agar kendaraan listrik "mengaspal" di Indonesia

Pewarta: L010
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © 2021

  • Tags
  • Mobil listrik
  • kendaraan listrik
  • EV