IHSG jelang akhir pekan diprediksi naik mengekor bursa regional

Dari dalam negeri, di tengah minimnya sentimen IHSG, investor asing hari ini diharapkan kembali membukukan pembelian bersih

Jakarta () – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelang akhir pekan, diprediksi naik mengekor kenaikan indeks saham di bursa regional.

IHSG pagi ini dibuka menguat 3,54 poin atau 0,05 persen ke posisi 6.559,09. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,81 poin atau 0,09 persen ke posisi 933,25.

"Dari dalam negeri, di tengah minimnya sentimen IHSG, investor asing hari ini diharapkan kembali membukukan pembelian bersih. Hal ini memberikan sinyal positif untuk IHSG di tengah adanya sentimen window dressing di akhir tahun yang sebentar lagi akan berakhir," kata Kepala Riset Reliance Sekuritas Alwin Rusli dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Window dressing adalah strategi yang dilakukan oleh manajer investasi maupun perusahaan terbuka untuk mempercantik portofolio atau performa laporan keuangan sebelum ditampilkan kepada para pemegang saham.

Bursa Asia kompak dibuka dengan ceria menjelang hari Natal. Para investor di Asia percaya bahwa kekhawatiran varian Omicron akan segera mereda.

Para investor akan merespons rilis data ekonomi di Jepang terkait indeks harga konsumen yang mengalami kenaikan 0,3 persen secara bulanan dan juga rilis data terkait penjualan ritel.

IHSG pada hari ini diperkirakan akan mengekor bursa regional khususnya Asia yang sudah diperdagangkan di zona positif.

IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak bervariasi namun cenderung menguat dengan rentang support dan resisten 6.520 hingga 6.600

Dari AS, indeks saham utama Wall Street kompak ditutup menguat, melanjutkan relinya selama tiga hari berturut-turut.

Hal itu didukung oleh data tenaga kerja yang positif yang menunjukkan data klaim tunjangan pengangguran berkelanjutan pada Desember yang mengalami penurunan.

Sementara dari data klaim pengangguran awal tidak mengalami perubahan pada Desember ini. Bursa AS akan tutup pada Jumat (25/12) untuk liburan Natal.

Bursa saham regional Asia pagi ini lain indeks Nikkei menguat 26 poin atau 0,09 persen ke 28.824,37, indeks Hang Seng naik 62,15 poin atau 0,27 persen ke 23.255,79, dan indeks Straits Times meningkat 7,25 atau 0,23 persen ke 3.104,06.

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © 2021