GJAW jadi momentum dorongan baru industri otomotif nasional

Jakarta () – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI mengatakan gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) yang rencananya akan digelar pada semester pertama tahun 2022 menjadi momentum dan dorongan baru terhadap industri otomotif nasional.

"Kita harus fokus pada yang besar terlebih dahulu dan kita jaga, jangan sampai momentumnya turun. Jakarta Auto Week ini salah satu penjaga momentum, jangan sampai transisi ke tahun 2022 terjadi penurunan," kata Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier dalam siaran pers, Jumat.

Lebih lanjut, Taufiek mengatakan sektor otomotif merupakan yang utama dari sektor industri lainnya dalam perputaran siklus ekonomi.

Menilik ke belakang, gelaran GJAW sendiri merupakan arahan dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kepada GAIKINDO yang fokus kepada kegiatan yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

Pameran ini direncanakan untuk dilaksanakan pada semester pertama tahun 2021 sebagai salah satu upaya untuk memberikan dorongan baru kepada industri otomotif, namun dikarenakan alasan dan pertimbangan utama kesehatan dan keselamatan masyarakat yang belum sepenuhnya kondusif, maka penyelenggaraannya ditunda.

Salah satu upaya pemerintah yang juga didesain untuk membantu membangkitkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri otomotif adalah dengan memberikan kebijakan pemotongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang sudah dimulai sejak Maret 2020.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa bagi asosiasi yang menaungi Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor di Indonesia ini, kebijakan PPnBM DTP juga menjadi salah satu highlight pada pelaksanaan dua rangkaian pameran GIIAS pada tahun 2021,

"Varian kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP juga dipamerkan pada pelaksanaan dua seri GIIAS di tahun ini, dan mendapatkan respon positif dari pengunjung, hal tersebut semakin membuktikan bahwa penyelenggaraan pameran merupakan langkah yang tepat untuk mendorong percepatan kebangkitan industri otomotif," ujarnya.

GJAW sendiri akan digelar 5-13 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga: BSI OTO SHOW 2021 resmi digelar di Gandaria City

Baca juga: Menko Perekonomian resmi membuka pameran otomotif GIIAS 2021

Baca juga: Tren pembelian kendaraan secara digital terus meningkat

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © 2021
  • Tags
  • gjaw
  • gaikindo
  • kemenperin