Ekonomi sepekan, pembatasan operasi mal-restoran hingga Ferrari hybrid

Jakarta () – Dalam satu pekan kemarin, terdapat beberapa informasi penting dan menarik dalam pemberitaan bidang ekonomi di seluruh Indonesia yang masih layak untuk disimak rangkumannya di akhir pekan. Mulai dari pembatasan operasi mall-restoran sampai jam 8 malam ln kasus COVID-19 meledak, pembebeasan PPH 22 impor diperpanjang, Indosat luncurkan 5G, hingga Pabrik baterai mobil listrik mulai berproduksi 2023.

Pemerintah batasi operasi mall-restoran hingga jam 8 malam mulai 22 Juni
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan jam operasional pusat perbelanjaan seperti mall, pasar, dan pusat perdagangan lainnya, maksimal hingga pukul 20.00 WIB atau jam 8 malam, mulai 22 Juni 2021 hingga 5 Juli 2021. Hal tersebut menjadi salah satu penyesuaian kebijakan untuk penebalan dan perkuatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna mengurangi tingkat penularan COVID-19.
Baca informasi lengkapnya di sini.

Pembebasan PPh 22 impor akan diperpanjang hingga Desember
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemerintah akan memperpanjang pembebasan PPH pasal 22 impor hingga Desember 2021. Perpanjangan pemberian insentif hingga Desember 2021 juga diberikan atas Pajak Penghasilan PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah (DTP), PPh final DTP untuk UMKM, pengurangan 50 persen angsuran PPh Pasal 25, dan restitusi PPN dipercepat.
Baca berita lengkapnya di sini.

Ferrari luncurkan mobil sport hybrid 296 GTB
Ferrari meluncurkan mobil hybrid plug-in pertama 296 GTB, pada Kamis, ketika produsen mobil sport mewah yang terkenal dengan mesin pembakaran menderu itu melengkapi kembali jangkauannya untuk era listrik. Hybrid 296 GTB adalah hybrid ketiga Ferrari yang masuk ke produksi seri, yang tidak termasuk kendaraan edisi terbatas. Mobil ini mengikuti SF 90 Stradale pada 2019 dan versi konversi, SF90 Spider, tahun lalu.
Baca spesifikasi lengkapnya di sini.

Kesiapan Bali buka pintu wisata internasional pada Juli
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meyakinkan kesiapan daerah setempat untuk membuka pintu pariwisata internasional pada Juli 2021, dengan mengacu pada berbagai indikator pendukungnya. "Kesiapan pemerintahnya, kesiapan kesehatan masyarakatnya serta kesiapan fasilitas penunjang pariwisata sudah sangat baik," kata Wagub Bali dalam keterangan persnya diterima di Denpasar, Rabu.
Baca informasi lengkapnya di sini.

Pabrik baterai mobil listrik mulai berproduksi 2023
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pabrik baterai sel (battery cell) untuk kendaraan atau mobil listrik di Indonesia yang akan mulai dibangun akhir Juli ini dan akan mulai beroperasi dan berproduksi pada 2023 mendatang. Pabrik battery cell tersebut merupakan proyek investasi konsorsium asal Korea Selatan LG dengan PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC), di mana pada tahap pertama, kapasitas produksinya akan mencapai 10 giga watt per hour.
Baca informasi selengkapnya di sini.

Indosat luncurkan internet 5G di Solo
PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan internet 5G pertamanya di Kota Solo pada Selasa (22/6). Peluncuran pertama layanan 5G di Solo dilakukan karena kota tersebut menjadi salah satu pangsa pasar Indosat paling kuat sekaligus juga untuk membangun kemitraan dengan Pemkot Solo dalam transformasi kota digital.
Baca berita lengkapnya di sini.
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © 2021