Ekonomi sepekan, Arsjad ketua Kadin hingga penerapan PPKM Darurat

Jakarta () – Bursa calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) akhirnya menetapkan Arsjad Rasjid sebagai ketua umum hingga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi pemberitaan yang mewarnai sektor ekonomi dalam sepekan.

 

Simak pemberitaan di bidang ekonomi lainnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini. Berikut rangkumannya.

 

Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketum Kadin Indonesia 2021-2026

 

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani.

 

"Alhamdulillah kita baru saja melewati proses persidangan dalam acara Munas nasional Kadin Indonesia pada tahun 2021 ini. Alhamdulillah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian telah memberikan amanah kepada saya untuk menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026," kata Arsjad di hadapan peserta Munas ke VIII Kadin di Kendari, Kamis.

 

Arsjad: Kadin fokus tangani kesehatan dan ekonomi

 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan pihaknya saat ini akan fokus menangani pandemi COVID-19 melalui program vaksinasi gotong royong, termasuk masalah ekonomi.

 

"Jadi pertama kali yang akan kami lakukan sesuai arahan Bapak Presiden adalah terkait kesehatan. Jadi yang pertama akan kami tingkatkan adalah bagaimana vaksinasi yang sudah dilakukan bisa menjaga kesehatan masyarakat sehingga ekonomi ke depan berjalan baik," kata Arsjad usai Sidang Pleno Munas ke VIII Kadin di Kendari, Kamis.

 

PPKM darurat, Menkeu tambah anggaran kesehatan jadi Rp185,98 triliun

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah anggaran penanganan kesehatan menjadi Rp185,98 triliun sebagai bentuk dukungan APBN terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

 

"Penanganan kesehatan adalah prioritas tertinggi di dalam PEN sebesar Rp172,84 triliun, sekarang dengan perkembangan yang terjadi baik di bidang vaksinasi therapeutic maupun diagnostik, kebutuhan penanganan kesehatan akan naik lagi menjadi Rp185,98 triliun," kata Menkeu Sri Mulyani saat konferensi pers daring di Jakarta, Jumat.

 

Dukung PPKM darurat, diskon listrik diperpanjang hingga September

 

Pemerintah memperpanjang pemberian diskon listrik hingga September 2021 sebagai bentuk dukungan APBN terhadap penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat periode 3-20 Juli 2021.

 

"Durasinya diperpanjang 3 bulan, 6 bulan, dan sekarang 9 bulan sampai dengan September," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers daring di Jakarta, Jumat.

 

Kemenhub terbitkan aturan perjalanan laut pada masa PPKM darurat

 

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan aturan terbaru terkait perjalanan orang dengan transportasi laut menyusul pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 hingga 20 Juli 2021.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo mengungkap aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sejalan dengan SE Ketua Satuan Tugas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © 2021