Demo Tolak Kedatangan Habib Rizieq di Makassar Berakhir Ricuh

https: img.okezone.com content 2020 12 01 609 2319852 demo-tolak-kedatangan-habib-rizieq-di-makassar-berakhir-ricuh-DPc1lW6Egc.jpeg

MAKASSAR – Kelompok massa aksi menolak rencana kedatangan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berakhir ricuh.

Kelompok pemuda yang menyatakan cinta demonstrasi yang dilakukan di depan Monumen Mandala Jalan Jenderal Sudirman Makassar berlangsung ricuh.

Awalnya aksi ratusan orang yang protes kedatangan Habib Rizieq berjalan aman. Mereka lalu membentangkan spanduk berisi tulisan penolakan. Tak hanya itu mereka juga menyandera sebuah truk tronton dan digunakan sebagai panggung berorasi.

Tak lama kemudian, muncul sekelompok orang dari arah Samping Pengadilan Negeri Makassar yang lokasinya masih berada di Jalan Jenderal Sudirman. Kelompok lain datang dan meneriakkan takbir.

Mereka kemudian menerobos ke lokasi pendemo dan berupaya membubarkan mereka. Tak mau bertahan, para pendemo yang sepertinya mahasiswa langsung lari kocar-kacir.

Lemparan batu menghujani pedemo yang berlarian ke arah selatan Jalan Jendral Sudirman Makassar.

Apes bagi seorang pendemo yang tampak dalam sebuah video, ia dipukuli saat hendak mencoba mengambil sepeda motornya. Berkali-kali kepalanya dibogem mentah. Beruntung aparat kepolisian segera menenangkan massa.

Informasi dari kepolisian menyebut gabungan aliansi pemuda ini awalnya berunjuk rasa dengan tertib dikawal aparat gabungan dari Polsek Ujung Pandang dan Polrestabes Makassar.

Massa aksi menggunakan truk tronton sebagai panggung orasi, sembari membentangkan spanduk penolakan kedatangan Habib Rizieq Shihab.

Belum lama berorasi tetiba puluhan orang datang dari arah Jalan Torpedo persis di samping RS Pelamonia Makassar, mengejar para demonstran. Kelompok tersebut juga melempar batu ke arah orator aksi. Bahkan tak segan melepaskan anak panah.

Kapolsek Ujung Pandang, AKP Bagas Sancoyoning Aji menegaskan, pihaknya telah bergerak mengejar para perusuh, utamanya orang-orang yang membawa senjata tajam jenis badik dan busur. Bagas bilang penyelidikan dibantu jajaran Polrestabes Makassar.

“Kami masih tangani unsur pidana yang bawa senjata tajam itu, tetap kita usut kasusnya. Semuanya sama di mata hukum. Pelakunya masih dalam pengejaran, karena ada memang yang kena busur tadi, itu yang kami proses,” kata AKP Bagas.

Aparat kepolisian berupaya meredam kedua kelompok tersebut agar tidak menimbulkan konflkik yang berkepanjangan.

Baca Juga : Viral Rumah Menko Polhukam Mahfud MD Dikepung Massa

Makassar dinilai termasuk kota yang memiliki banyak pendukung Habib Rizieq Shihab. Saat penyambutan kepulangan Habib Rizieq ke tanah air beberapa waktu lalu, misalnya marak spanduk dan baliho ucapan selamat datang. Namun, baliho itu sudah ditertibkan Satpol PP Kota Makassar.

1
2

  • #Habib Rizieq Shihab
  • #FPI
  • #Kota Makassar
  • #demo
  • #habib rizieq

Close