Datang dari China, 1,2 Juta Vaksin Diangkut dengan Kargo Khusus

https: img.okezone.com content 2020 12 06 337 2322804 datang-dari-china-1-2-juta-vaksin-diangkut-dengan-kargo-khusus-HtHKqp9iT6.jpg

JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia malam tadi sudah dalam bentuk jadi. Seperti diketahui vaksin yang tiba di tanah air tersebut merupakan buatan perusahaan Cina yakni Sinovac.

Airlangga menyebut vaksin ini dikirim dari China menggunakan kargo khusus.

“Vaksin ini tiba dengan pesawat Garuda dengan kargo khusus melalui rute Jakarta-Beijing-Jakarta,” katanya dalam keterangan, Minggu (6/12/2020).

Dia mengatakan bahwa kedatangan vaksin covid-19 ini merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah. Utamanya dalam pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.

“Ini sekaligus menerjemahkan pernyataan bapak presiden di mana keselamatan rakyat sebagai prioritas utama dalam penanganan covid 19,” ungkapnya.

Airlangga juga menyebut bahwa vaksin akan melengkapi upaya penanganan covid. Baik dalam hal 3T (testing tracing dan treatment ), maupun 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

“Vaksinasi adalah merupakan upaya yang sangat penting dalam mengakhiri pandemi. Ketiga hal tersebut, 3T, 3M dan vaksinasi harus selalu berjalan bersamaan sampai kita semua di Indonesia, di seluruh dunia benar-benar lepas dari pandemi covid-19,” pungkasnya.

Baca Juga : Jokowi : Hasil Uji Klinis Akan Menentukan Kapan Vaksinasi Dimulai

Baca Juga : Apapun Alasannya, Masuk Solo Wajib Dikarantina 14 Hari!

Sekadar informasi vaksin dari China iti dibawa oleh pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777 yangg berbadan lebar dan bisa mengangkut penumpang sebanyak 314-451 orang.

Khusus untuk Boeing 777-300 ER, bahkan mampu terbang dengan jarak tempuh 13.520 km. Bagi Garuda Indinesia sendiri, telah mengoperasikan pesawat ini dari tahun 2013 sampai sekarang.

(aky)

  • #Vaksin Sinovac
  • #Pesawat Garuda Indonesia
  • #Covid-19
  • #Vaksin COVID-19

Close