Natural Gas Prices

Harga gas alam AS untuk pengiriman Oktober berada di $2,642 per MMBtu pada 25 Agustus, hanya untuk naik sedikit menjadi $2,72 pada 12 September.

Sementara persediaan gas alam AS terus meningkat, mereka tetap berada di bawah level tertinggi akhir musim yang terlihat antara 2019 dan 2022. Ketika kita mendekati musim permintaan puncak 2023/2024, ada pasokan komoditas energi ini yang substansial tersimpan di seluruh Amerika Serikat. Pada 1 September 2023, tingkat penyimpanan berada di 3,148 triliun kaki kubik, menandai peningkatan 17,2% dari tahun sebelumnya dan kenaikan 7,6% di atas rata-rata lima tahun. Musim injeksi dijadwalkan berakhir pada November, dengan 3,644 tcf dan 3,732 tcf dalam penyimpanan pada awal musim penarikan pada 2022 dan 2021. Pada 2020, pasokan mencapai puncaknya di 3,958 tcf, sementara pada 2019 dan 2018, mereka masing-masing berada di 3,732 tcf dan 3,234 tcf.

Laporan Baker Hughes per 8 September mengungkapkan 113 rig gas alam Amerika Utara beroperasi, angka ini 53 lebih rendah dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa stok gas alam mungkin tidak menumpuk dengan cepat dalam beberapa minggu dan bulan mendatang saat kita mendekati musim penarikan.

Selama beberapa bulan terakhir, harga gas alam sebagian besar diperdagangkan dalam kisaran $2,50 hingga $3,00. Stabilitas ini mengikuti periode turbulen yang melihat harga melonjak hingga $10,028 per MMBtu pada Agustus 2022 dan kemudian merosot di bawah $2 antara Februari dan April 2023.

Mengkaji grafik kontrak berjangka gas alam ICE AS Oktober sejak Juni 2023, kita melihat sebagian besar aksi harga berlangsung dalam kisaran $2,50 hingga $3,00 per MMBtu. Per 12 September, gas alam nyaman berada dalam kisaran ini, diperdagangkan di atas $2,70 per MMBtu. Hal ini telah membuat banyak orang percaya bahwa ada kemungkinan pengujian lain dari ujung atas kisaran perdagangan ini.

Mengingat musiman dan ketidakpastian intrinsik permintaan musim dingin untuk pemanasan, kontrak berjangka gas alam bisa berpotensi mengalami reli dari Oktober hingga awal 2024. Kurva forward yang meluas hingga Januari 2024 menunjukkan premium signifikan lebih dari 35% untuk gas alam NYMEX untuk pengiriman Januari dibandingkan dengan kontrak berjangka Oktober. Gas alam NYMEX Januari diperdagangkan hampir $1 lebih tinggi daripada kontrak berjangka terdekat karena faktor musiman. Namun, gas alam tetap jauh lebih rendah dari tinggi Agustus 2023, menawarkan ruang untuk reli jika suhu lebih dingin dan peningkatan permintaan masuk ke dalam permainan.

Menambah ini, cuaca di Eropa bisa menjadi katalisator lain untuk reli potensial dalam beberapa bulan mendatang. Negara-negara Eropa Barat telah lama mengandalkan ekspor gas alam Rusia melalui pipa, tetapi konflik yang sedang berlangsung di Ukraina telah melihat Rusia memanfaatkan gas alam dan minyak mentah sebagai senjata ekonomi terhadap negara-negara yang mendukung Ukraina. Ketegangan geopolitik ini menyebabkan harga gas alam Belanda dan Inggris mencapai level tertinggi sepanjang masa pada Maret 2022, hanya untuk anjlok karena musim dingin yang hangat pada 2022/2023. Baru-baru ini, harga Belanda telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan, dan kontrak berjangka gas alam Inggris juga mengikuti jejaknya. Karena LNG AS menyeberangi dunia melalui kapal laut, harga gas alam NYMEX AS telah semakin sensitif terhadap fluktuasi harga Eropa.

Penting untuk dicatat bahwa gas alam bukan pasar investasi melainkan pasar komoditas yang sangat volatile, rentan terhadap lonjakan dan penurunan harga. Sementara itu mungkin menimbulkan tantangan bagi investor, itu menawarkan peluang berlimpah bagi pedagang lincah yang memantau arena kontrak berjangka gas alam secara cermat. Oleh karena itu, sangat penting bagi pedagang untuk mempertahankan pendekatan yang disiplin dan strategi yang terdefinisi dengan baik, terutama selama musim dingin yang volatile. Pada tingkat harga saat ini, peluangnya tampaknya menguntungkan potensi kenaikan.

Sebaliknya, investor sebaiknya berhati-hati dan mempertimbangkan untuk menghindari pasar kontrak berjangka gas alam. Namun, pedagang dapat menantikan bulan-bulan musim dingin mendatang, asalkan mereka mengelola tingkat risiko untuk posisi yang ada secara efektif.

Pada akhirnya, ketika memperdagangkan gas alam, sangat penting untuk mengingat bahwa posisi long atau short tidak dieksekusi pada harga yang diinginkan tetapi pada tingkat harga pasar yang berlaku, menggarisbawahi kebutuhan manajemen risiko yang bijaksana untuk pengalaman perdagangan yang sukses.