Antisipasi Klaster Baru, Sestama BIN Bambang Sunarwibowo Ingatkan Protokol Kesehatan Saat Nataru

https: img.okezone.com content 2020 12 24 337 2333142 antisipasi-klaster-baru-sestama-bin-bambang-sunarwibowo-ingatkan-protokol-kesehatan-saat-nataru-JNGn0o6GyS.jpg

JAKARTA – Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN), Komjen Bambang Sunarwibowo meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Menurutnya, kunci mencegah penularan Covid-19 dimasa libur akhir tahun tersebut hanya dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Libur akhir tahun ini sudah dipangkas oleh pemerintah, untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Artinya masyarakat juga terap harus patuh dengan protokol kesehatan meski libur akhir tahun ini dipangkas,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/12/2020).

 Baca juga: Bupati Sleman: Umat Nasrani Rayakan Natal Sederhana dan Tak Konvoi

Sejauh ini kata dia, BIN sendiri telah mendeteksi potensi ancaman klaster baru di hari libur akhir tahun yang perlu diantisipasi. Seperti klaster tempat wisata hingga klaster keluarga.

Baca juga: Ini Skema Pengalihan Rute Bus Transjakarta pada Malam Tahun Baru

Kondisi tersebut belajar dari libur panjang saat Maulid Nabi Muhammad dimana lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi.

“Klaster-klaster tempat wisata, klaster di transportasi, klaster keluarga itu harus menjadi perhatian khusus. Jaga diri dan jaga keluarga kalian,” terangnya.

Lebih lanjut, Bambang meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Ia berharap masyarakat yang menikmati libur akhir tahun dan tetap aman dari penularan Covid-19.

“Kunci utama adalah terapkan 3M. Meski liburan tapi tetap harus aman, harus menjaga diri. Inilah cara kita untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

1
2

  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Covid-19
  • #BIN
  • #Klaster Nataru

Close