19 Jam Tertimbun Longsor, Warga Lembang Bandung Barat Ditemukan Meninggal Dunia

https: img.okezone.com content 2020 12 25 525 2333953 19-jam-tertimbun-longsor-warga-lembang-bandung-barat-ditemukan-meninggal-dunia-oT9HC1Bf84.jpg

BANDUNG BARAT – Korban yang tertimbun longsor di Kampung Lebak Cihideung, RT 02/17, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban atas nama Dedi Rohendi (43) ditemukan petugas gabungan sekitar pukul 16.30 WIB, tertutup material tanah di bagian tengah rumah dengan kondisi membungkuk di dekat kursi sofa.

“Berkat kerja keras semua tim pencari, korban akhirnya berhasil ditemukan dengan kondisi meninggal dunia,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Duddy Prabowo saat ditemui di lokasi, Jumat (25/12/2020) sore.

Duddy mengatakan, korban berada di tengah rumah sama seperti yang disampaikan pihak keluarga. Nyawanya tidak bisa tertolong setelah tertimbun longsoran tanah selama kurang lebih 19 jam. Usai ditemukan, korban langsung dibawa ke rumah kerabat terdekat untuk dibersihkan.

Disinggung soal kendala yang dihadapi dalam pencarian, Duddy menyebutkan karena lokasi yang tidak bisa diakses alat berat sehingga pencarian harus dilakukan secara manual. Selain itu, kondisi cuaca yang sempat turun hujan membuat pencarian sempat dihentikan selama dua jam.

Baca Juga : Banjir Bandung, Satu Orang Hilang dan Sebuah Mobil Terseret Arus

“Kendalanya tadi faktor cuaca dan sulitnya kendaraan berat masuk, jadi pencarian hanya pakai alat manual,” sambungnya.

Petugas lapangan BPBD KBB Rudi Wibiksana yang menemukan korban, mengatakan saat ditemukan di atas tubuh korban ada kasur. Kondisi tubuhnya utuh dan pakaian yang dikenakan juga masih lengkap. Hanya saja karena sudah cukup lama tertimbun tubuhnya mulai membengkak.

“Sepertinya korban berusaha melindungi diri, soalnya di atas tubuhnya ada kasur. Posisinya membungkuk, kepala di bawah dan mengenakan celana pendek,” tuturnya.

Baca Juga : Longsor Hantam 2 Rumah di Lembang Bandung, 1 Orang Masih Dicari

Sebagaimana diketahui hujan deras mengakibatkan longsor di Kampung Lebak Cihideung, RT 02/17, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, KBB, Kamis (24/12/2020) malam. Satu keluarga yang terdiri dari empat orang sempat terjebak di dalam rumah. Namun Ani Suryani (41), Dani (19), dan Adi (5) berhasil diselamatkan, sementara Dedi Rohendi, tertimbun dan tidak ditemukan pada saat kejadian.

1
2

  • #banjir
  • #longsor
  • #Longsor di Bandung Barat
  • #Banjir di Bandung
  • #Longsor Lembang
  • #lembang
  • #Kabupaten Bandung Barat
  • #Bandung Barat

Close