Sistem baru dukungan REN untuk mengelola pertumbuhan pembayaran digital di kawasan dan potensi miliaran transaksi tahunan dari ATM, terminal titik penjualan, dan pembayaran kode QR

LEAWOOD, Kan., Dec. 15, 2021 (GLOBE NEWSWIRE via SEAPRWire.com) — Euronet Worldwide, Inc. (NASDAQ: EEFT), penyedia solusi dan pembayaran teknologi keuangan global terkemuka, hari ini mengumumkan platform pembayaran REN mereka akan digunakan untuk memodernisasi jaringan switching bank milik negara terbesar di Indonesia, PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”).

Studi menunjukkan sebanyak 85% konsumen di Asia Tenggara pada awal 2021 menggunakan beberapa bentuk pembayaran digital.1 Adopsi cepat pembayaran nirtunai ini dan permintaan dari lembaga keuangan partisipan akan solusi pemrosesan pembayaran modern dan tangguh memotivasi Jalin untuk memulai strategi modernisasi platform yang akan memungkinkan mereka untuk meluncurkan layanan baru serta perbaikan pada layanan saat ini dalam waktu sesingkat mungkin. Setelah proses RFP ekstensif, Euronet dan platform pembayaran REN memenangkan proyek tersebut.

“Pemilihan Euronet sebagai mitra diputuskan setelah sebuah proses yang dijalankan menurut tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Boyke Yurista, CEO Jalin. “Selain itu, Euronet, sebagai pemain global, memiliki kapasitas dan komitmen yang dibutuhkan untuk mendukung transformasi Jalin menjadi penggerak digital yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem keuangan dan nonkeuangan sekaligus juga memitigasi risiko bagi semua transaksi dan meminimalkan kecurangan potensial. Mengubah perilaku pembayaran masyarakat hari ini memerlukan bisnis yang sangat dinamis. Dengan visi kami menjadi ‘The National Digital Highway,’ kerja sama ini dengan Euronet merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan kami menuju target tersebut.”

Guna memenuhi persyaratan kompleks dan volume transaksi besar proyek tersebut, Euronet meluncurkan platform pembayaran REN mereka untuk mendukung switching transaksi dari ATM, terminal POS, dan kode QR, mengaktifkan dompet digital, menghubungkan asosiasi kartu utama, menyediakan ATM driving, dan mengelola fungsi terkait administrasi seperti kliring dan penyelesaian untuk tipe transaksi dan faktor bentuk pembayaran berbeda. Layanan tersebut juga akan tersedia melalui API yang dapat dipakai oleh berbagai konstituen ekosistem untuk implementasi gesit layanan lebih baru.

Proyek tersebut akan diluncurkan dalam beberapa fase dan akan melibatkan migrasi beban kerja dari sistem saat ini ke REN dan memperkenalkan layanan baru seperti ATM driving dan pemrosesan pembayaran kode QR berbasis dompet digital. Fase pertama proyek ini adalah pengaktifan pembayaran kode QR lintas batas, yang melibatkan pengembangan antarmuka pembayaran masuk dan keluar dengan infrastruktur sentral Thailand dan Malaysia. Layanan tersisa akan dimigrasikan dan/atau diaktifkan dalam fase berikutnya selama 12 bulan ke depan, yang memberi proyek potensi miliaran transaksi per tahun karena peningkatan popularitas pembayaran digital di kawasan tersebut.

“Jalin adalah salah satu dari konstituen paling penting dari ekosistem pembayaran retail Indonesia,” ujar Himanshu Pujara, Managing Director, Euronet Asia Pasifik. “Jalin sudah mengoperasikan salah satu jaringan pembayaran paling canggih secara digital di Asia Tenggara, dan Euronet senang dapat bermitra dengan Jalin dalam perjalanan memodernisasi sistem pembayaran infrastruktur jaringan perbankan badan usaha milik negara terbesar Indonesia sambil meletakkan dasar untuk peluncuran layanan inovatif di masa depan untuk kepentingan anggota mereka.”

“Kami mendukung visi Jalin menjadi ‘penggerak semua tipe pembayaran digital’ di Indonesia dan bersemangat memainkan peran kunci dalam bekerja bersama mereka guna mewujudkan visi ini bagi Indonesia. Ini adalah proyek lain yang menunjukkan kekuatan teknologi pembayaran REN kami dan bagaimana kami dapat membantu bank, lembaga switching, dan pemroses di seluruh dunia bergerak menuju platform pemrosesan pembayaran modern.”

Untuk informasi selengkapnya tentang REN dan bagaimana cara memodernisasi solusi pembayaran Anda, kunjungi https://www.euronetworldwide.com/ren.

Tentang Jalin

PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) adalah jaringan switching antarbank yang didirikan tahun 2016 melalui prakarsa bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia, sejumlah bank milik negara terbesar Indonesia (Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN), dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Tahun 2019, PT Danareksa (Persero) mengakuisisi kepemilikan Jalin dengan saham mayoritas.

Saat ini, Jalin menyediakan dua layanan utama: switching ATM, switching debit, dan switching QR menggunakan merek “Link”. Layanan Link mencakup pengelolaan switching transaksi antarbank, yang juga memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer dana, dan pembayaran tagihan melalui saluran perbankan jaringan switching Link mana pun. Jalin juga telah mengembangkan layanan Managed Service (MS) untuk mendukung operasi perbankan, termasuk Second Level Maintenance (SLM), Premis, Rental ATM, dan solusi layanan terintegrasi (pemantauan tunai dan prakiraan, penjenamaan ATM).

Jalin telah diberi lisensi oleh badan pengatur sebagai Prinsipal Penyelenggara Switching dan Penyelenggara Kliring Kartu ATM, Prinsipal Penyelenggara Switching dan Penyelenggara Kliring Kartu Debit, Agen Switching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), dan Lembaga Switching untuk Pemrosesan Transaksi menggunakan Quick Response Code (QRIS) Indonesia. Jalin juga anggota dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan pemegang saham Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang bertindak sebagai Lembaga Layanan bagi GPN.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.jalin.co.id

Tentang Euronet Worldwide, Inc.

Euronet Worldwide adalah pemimpin industri dalam memproses transaksi keuangan elektronik aman. Perusahaan ini menawarkan solusi pemrosesan pembayaran dan transaksi kepada lembaga keuangan, peretail, penyedia layanan, dan konsumen perorangan. Layanan ini mencakup layanan ATM, POS dan alih daya kartu komprehensif, layanan penerbitan kartu dan akuisisi merchant, solusi perangkat lunak, layanan transfer uang konsumen-ke-konsumen dan bisnis-ke-bisnis berbasis tunai dan daring, dan distribusi elektronik media digital, dan pulsa telepon seluler prabayar.

Jaringan pembayaran global Euronet ekstensif – mencakup 47.474 ATM, sekitar 400.000 terminal POS EFT, dan portofolio yang berkembang dari layanan kartu debit dan kartu kredit alih daya yang dikelola di 62 negara; solusi perangkat lunak kartu; jaringan pemrosesan prabayar sekitar 739.000 terminal POS di sekitar 325.000 lokasi peretail di 62 negara; dan jaringan transfer uang global di sekitar 507.000 lokasi yang melayani 162 negara. Dengan kantor pusat perusahaan Leawood, Kansas, AS, dan 66 kantor di seluruh dunia, Euronet melayani klien di sekitar 175 negara. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi situs web Perusahaan di www.euronetworldwide.com.

1 https://fintechnews.sg/51904/payments/85-of-consumers-in-sea-adopt-cashless-payment-solutions/

CONTACT: Kontak Media:
Diorezky Yoga Pratama
Kepala Komunikasi dan Urusan Perusahaan
PT Jalin Pembayaran Nusantara
diorezky.pratama@jalin.co.id

Stephanie Taylor
Direktur Perencanaan Keuangan
dan Hubungan Investor
Euronet Worldwide, Inc.
+1-913-327-4200
staylor@euronetworldwide.com