WHO: Kematian Global Akibat Covid-19 Naik 60% dalam 6 Minggu

WHO: Kematian Global Akibat Covid-19 Naik 60% dalam 6 Minggu

JENEWA – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , Tedros Ghebreyesus, menyatakan keprihatinannya terhadap peningkatan kematian global akibat Covid-19 sebanyak 60% dalam enam minggu terakhir dan dua kali lipat di Eropa.

“Dalam enam minggu terakhir, jumlah kematian mingguan meningkat sekitar 60%,” kata Tedros.

“Sebagian besar kasus dan kematian terjadi di Eropa dan Amerika,” urainya, sementara pejabat WHO lainnya mencatat bahwa kenaikan di Eropa pada periode tersebut adalah 100% seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga:
  • Bertambah 6.310 Kasus, Berikut Sebaran Penambahan Covid-19 di 34 Provinsi
  • ADB Siapkan Rp126 Triliun untuk Pengadaan Vaksin di Negara Berkembang

Meski begitu, Tedros menyambut baik perkembangan penelitian vaksin Covid-19 . Ia mengatakab bahawa cahaya semakin terang dengan vaksin untuk melawan Covid-19 telah tersedia.

“Cahaya di ujung terowongan semakin terang, tetapi kami harus menghadapi beberapa tantangan untuk membuat cahayanya benar-benar terang,” ujarnya.

Tedros mengatakan minggu ini, vaksin melawan Covid-19 mulai diluncurkan di Inggris, dan lebih banyak negara diharapkan mengikutinya.

“Mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk melawan virus yang sama sekali tidak kami ketahui setahun yang lalu adalah pencapaian ilmiah yang luar biasa,” pujinya.(Baca juga: WHO: Dunia Dapat Mulai Bermimpi Tentang Akhir dari Pandemi )

Close