JAYAPURA – Beberapa venue dan persiapan yang telah dilakukan oleh Panitia Besar (PB) PON Papua , termasuk kesiapan pagelaran dan keamanan, menunjukkan Geliat PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua telah terlihat, Minggu (18/4/2021).

Semua pihak di Provinsi Papua utamanya wilayah penyelenggaraan PON Papua diminta andil berpartisipasi dan menyukseskan ajang bergengsi yang oleh Gubernur Papua Lukas Enembe disebut sebagai ajang pertaruhan Harga Diri Orang Papua ini.

Baca juga: Gempar, Bupati Yahukimo Pamer Tumpukan Uang Pecahan Rp100 Ribu Dihadapan Massa

Dukungan untuk keberlangsungan pagelaran yang aman dan suksesnya PON Papua disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe pada sesi Chefs de Mission Meeting di Sentani beberapa waktu lalu. Gubernur bahkan memastikan PON Papua berlangsung aman.

Jaminan keamanan ini juga disampaikan berbagai tokoh masyarakat di Papua, salah satunya dari Organisasi Kaum Intelektual Amugsa (OKIA) Kabupaten Mimika.

Baca Juga:
  • POBSI Jateng Gelar Pertandingan Eksibisi sebagai Ajang Uji Coba Pebiliar
  • Tak Izin Keluar Negeri, Tito Karnavian Tegur Keras Lukas Enembe
  • Agar Sholat Tarawih Terasa Mudah dan Banjir Pahala

Yohanes Kemong, sebagai penasehat OKIA Mimika tegas mendukung dan menjamin keamanan pagelaran PON, utamanya di wilayah Mimika sebagai salah satu cluster venue PON.

Baca juga: Usai Diusir dari PNG! Gubernur Papua Lukas Enembe Terancam Diberhentikan, Ini Surat Teguran Mendagri

“Kami tegas mendukung penuh suksesi PON Papua, terkhusus di Timika, Kabupaten Mimika. Dukungan kami 100%, karena Mimika juga menjadi tuan rumah. Kesuksesan PON adalah kesuksesan kaum intelektual suku Amugme Kamoro dan semua suku di Mimika,”kata Yohanes.

Ditegaskan juga bahwa pihaknya akan turut menjadi keamanan membantu aparat dan pihak lain untuk keberlangsungan PON yang aman dan damai.“Kita siap membackup keamanan untuk menjamin keamanan PON di Timika. Karena kita tuan rumah, maka kita akan turut serta menjamin keamanan baik jalannya PON maupun semua peserta yang datang,”tegasnya.

Baca juga: Lagi, KKB Bakar Honai dan 3 Rumah Guru di Dombet Beoga Papua

Dia pun meminta peran semua elemen masyarakat di Mimika untuk turut menjamin komitmen intelektual Mimika.“Saya himbau kepada semua masyarakat dan elemen untuk mendukung penuh PON Papua yang aman, seperti tujuan PON Papua yang disampaikan bapak Gubernur, yakni suksesi panyelenggaraan, suksesi prestasi,sukses ekonomi, administrasi, dan budaya positif. Ini harus dipegang teguh kita semua. Ajang ini adalah ajang harga diri bagi Papua, oleh karena itu harus sukses semua,”pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah mundur akibat pandemi COVID-19, PON 2021 Papua akhirnya diputuskan akan dihelat pada 2-10 Oktober 2021 mendatang. Berbagai persiapan utamanya venue digenjot pembangunannya, seperti venua Dayung, terbang layang, Anggar, gantole, dan beberapa venue yang sifatnya temporari.

(nic)