JAKARTA – Mandi air dingin mungkin terdengar kurang menarik, tetapi memiliki segudang manfaat mengejutkan yang akan mengubah pikiran Anda setelah mencobanya.

Baca juga: Gandeng Bunga Citra Lestari, NOAH Rilis Mencari Cinta

Mandi air dingin memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh , membuat tidur berkualitas, mempercepat metabolisme, meningkatkan kesuburan, meningkatkan energi, dan bahkan membuat anda tampak lebih menarik. Dilansir dari 33fuel, berikut 9 manfaat mandi air dingin.

1. Meningkatkan sistem imun

Mandi air dingin dapat membantu sistem kekebalan anda dengan beberapa cara. Paparan air dingin memicu pelepasan norepinefrin anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa perenang air dingin memiliki adaptasi yang lebih baik terhadap stres oksidatif, dan penelitian lain menjelaskan, berenang di air dingin dapat meningkatkan toleransi tubuh.

Baca Juga:
  • Tips Aman Berpuasa Bagi Ibu Hamil
  • Tips Kelola Dana THR Agar Lebaran 2021 Penuh Bahagia dan Rasa Syukur
  • Kisah Sunan Kudus Hentikan Wabah Virus di Arab, Minta Upah Batu

2. Mempercepat metabolisme

Orang yang mandi air dingin setiap hari menunjukkan peningkatan metabolisme yang mengaktivasi jaringan lemak baik, yang digunakan untuk menghasilkan panas dan melindungi kita dari dingin. Ini adalah jenis lemak yang kita butuhkan untuk meningkatkan metabolisme.

3. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi di Belanda telah melalukan penelitian yang melibatkan 3.000 partisipan selama 30 hari. Penelitian itu menemukan bahwa mereka yang tiap hari mandi dengan semburan air dingin selama 30-90 detik, 29% lebih produktif dibandingkan rekan mereka.

4. Meningkatkan pemulihan otot

Perendaman air dingin bermanfaat untuk performa olahraga. Peredaman ini dipraktikkan secara luas oleh atlet yang membutuhkan pemulihan cepat.

5. Meningkatkan energi

Mandi air dingin merangsang sistem saraf kita yang bertanggung jawab atas respons tubuh kita terhadap bahaya. Ini memicu pelepasan hormon adrenalin yang diperlukan untuk kewaspadaan.