Suzuki Jajaki Kemungkinan Punya Tim Satelit di MotoGP 2022

Suzuki Jajaki Kemungkinan Punya Tim Satelit di MotoGP 2022

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mulai menyusun rencana baru usia berhasil menyabet gelar juara di MotoGP 2020. Kini, Suzuki tengah mempersiapkan tim satelit untuk MotoGP 2022.

Suzuki memang menjadi salah satu tim di MotoGP yang belum memiliki tim satelit. Selain Suzuki, ada Aprilia yang juga memiliki nasib yang sama. Tetapi, tim lainnya sudah memiliki tim satelit, bahkan Ducati memilikinya sebanyak dua tim.

(Ikuti Survei SINDOnews: Mencari Calon Presiden 2024)

Pihak Suzuki sendiri sudah cukup lama menggaungkan rencana untuk memiliki tim satelit. Tetapi sampai saat ini, rencana tersebut belum bisa terealisasi. Kabarnya, baru pada 2022 baru bisa dilakukan karena slot satu tim satelit akan hilang, yakni Esponsorama Racing.

Baca Juga:
  • Marc Marquez Ternyata Sempat Remehkan Adiknya di MotoGP 2020
  • Peluang Indonesia Gantikan Ceko di MotoGP 2021? Ini Jawaban MGPA

Kini, Suzuki tampak makin yakin bisa melakukan hal tersebut mengingat mereka sudah membuktikan mampu berjaya di MotoGP. Pada 2020, gelar juara didapatkan lewat aksi Joan Mir. (Baca Juga: Joan Mir Diharapkan Bisa Berikan Kejutan di MotoGP 2021)

“Ya, kami sudah berbicara banyak tentang tim satelit. Dari sudut pandang tertentu, Anda mungkin berpikir itu tidak perlu karena kami sudah memenangkan gelar juara, tetapi teknisi kami tidak setuju dengan itu karena di trek kami merasa perlu mendapat lebih banyak informasi,” ujar Brivio, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Jumat (4/11/2020).

“Dalam beberapa situasi, dua pembalap tidak cukup, terutama bergantung pada kondisi cuaca, ketika Anda hanya dapat melakukan beberapa sesi di cuaca kering, memiliki lebih banyak pembalap akan memberi Anda lebih banyak informasi,” lanjutnya.

“Jadi, bagi kami itu lebih sulit daripada pabrikan lain. Karena itu, kami ingin melakukannya sebagai tim pabrik, kami ingin memiliki tim satelit untuk mendapatkan dan berbagi lebih banyak informasi, tetapi proyek ini memerlukan persetujuan manajemen puncak,” tutur Brivio

“Ini adalah sesuatu yang sedang dalam proses, tetapi karena tujuannya adalah melakukannya pada 2022, kami harus memutuskan pada awal 2021, katakanlah paling lama pada Maret atau April, untuk memiliki waktu mengatur diri sendiri,” jelasnya.

Sejauh ini, nama tim Rossi, VR46 Racing, sendiri paling santer dikabarkan bakal merapat ke Suzuki untuk menjadi tim satelitnya. Tetapi, semua keputusan itu baru akan terlihat pada 2021.

(mirz)

Close