SURABAYA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) menggandeng 2 rumah sakit (RS) di Jatim untuk program vaksin gotong royong yang bakal dilaksanakan dalam waktu dekat. Dua RS itu adalah RS Pelindo Husada Citra (PHC) dan RS Semen Gresik.

Ketua Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan, kedua RS ini telah menandatangani kerja sama penyediaan fasilitas vaksinasi bagi kalangan industri. Kerja sama ini, kata dia, dalam rangka mempersiapkan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong di Jatim. “Jika sewaktu-waktu vaksin tiba di Jatim, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) kita sudah siap,” ujarnya, Selasa (1/6/2021).

Baca juga: Heboh! Oknum Polisi di Jombang Tawar Menawar Uang Damai Pungli Tilang dengan Sopir Truk

Setelah 2 RS tersebut, Kadin Jatim juga tengah berkoordinasi dengan rumah sakit lainnya. Di antaranya, RS Premier Surabaya, RSI Siti Hajar Sidoarjo dan fasyankes milik PTPN XII di Jember.

Baca Juga:
  • Dianggap Ancam Ekosistem Laut, Nelayan Banyuwangi Minta Reklamasi Watu Dodol Dihentikan
  • Penampakan SPI Kota Batu Usai Pemiliknya Dilaporkan Terkait Pelecehan Seksual

Menurut Adik, ada beberapa syarat dalam kerja sama vaksin gotong royong ini, seperti ketersediaan ruang penyimpanan vaksin, memiliki mobile care kesehatan yang ada box untuk penyimpanan vaksin, serta memiliki mobile ambulan.

“Dalam program pemberian vaksin ini, karyawan tidak harus datang ke rumah sakit. Pihak rumah sakit juga bisa melakukan pemberian vaksin dengan datang ke perusahaan yang bersangkutan,” ujarnya.

baca juga: 500 Sekolah di Jatim Ikuti Anugerah Inovasi Madrasah Digital

Hingga penutupan periode ketiga pendaftaran vaksinasi gotong royong, tercatat sudah ada industri di Jatim yang mendaftar secara online. Jumlahnya mencapai 2.433 perusahaan dengan jumlah 541.976 tenaga kerja.

Kadin Jatim menargetkan industri di Jatim akan mendapatkan alokasi 2 juta vaksin. “Memang cukup banyak karena yang berminat sangat tinggi. Bahkan, ada sekitar 500-an industri yang ingin daftar tapi belum terlayani,” tandas Adik.

Sementara itu, Koordinator Pemasaran dan Operasional Pelayanan RS Semen Gresik dr. Tolib Bahasuan memastikan kesiapannya dalam memberikan layanan vaksin gotong royong. Apalagi di Gresik banyak industri yang membutuhkan layanan vaksin.

“Kami berkomitmen membuat layanan khusus fasilitas vaksinasi. Dalam hal vaksin gotong royong ini bisa dilakukan di Rumah Vaksin RS Semen Gresik atau kami yang datang ke perusahaan tersebut,” katanya

(msd)