RIYAD – Penantian panjang Valentino Rossi melihat tim VR46 tampil di kelas utama MotoGP pada 2022 mendatang berbuah manis. Menurut laporan, tim bentukannya sudah mendapat dukungan dari perusahaan minyak asal Arab Saudi, Aramco.

Aramco bakal menggantikan Sky Italia sebagai sponsor VR46 mulai tahun depan. Kedua belah pihak telah meneken kontrak berdurasi lima tahun, hingga akhir 2026 mendatang.

“Tanal Entertanment Sport & Media milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, dengan senang mengumumkan kesepakatan strategis dengan Tim VR46 milik Valentino Rossi,” bunyi pernyataan resmi Aramco, Rabu (28/4/2021).

BACA JUGA: Rossi Gabung Tim Aprilia 2022, Mengapa Tidak?

“Pada 2022, tim VR46 akan menjalani debut bersama Tanal Entertanment Sport & Media. Sebagai sponsor pada periode 2022-2026, tim Aramco VR46 akan ikut mengikuti balapan,” lanjutnya.

Baca Juga:
  • Jadwal Lengkap MotoGP Spanyol 2021: Panggung Duo Berpengalaman?
  • Eks Pembalap MotoGP Prediksi Marc Marquez Langsung Panaskan Persaingan Gelar
  • Dakwah, Perluasan Wilayah, dan Perang Antara Kakek dan Cucu

Bendera VR46 sebenarnya sudah mulai berkibar di MotoGP 2021, dengan mengandalkan Luca Marini. Namun, tim ini sebatas kerja sama dengan tim asal Spanyol, Avintia Ducati.

BACA JUGA: Mantan Pembalap Ini Jagokan Joan Mir Juara MotoGP 2021

Namun, Rossi diketahui sudah lama ingin menurunkan timnya sendiri. Kini, dia bisa melakukannya dengan dukungan dari Aramco. Rossi sekarang tinggal mencari pabrikan untuk menyediakan motor.

Sejauh ini, nama Ducati dan Aprilia menjadi yang terdepan untuk mempersiapkan dua motor untuk VR46 . Namun, sudah bukan rahasia jika Rossi masih menginginkan Yamaha sebagai tunggangan timnya.

Kebetulan tim SRT Yamaha Petronas yang dibelanya sekarang belum pasti menggunakan Yamaha musim depan. VR46 pun menunggu keputusan dari SRT dan juga Yamaha, sebelum menentukan ke Aprilia atau Ducati.

(sha)