Ribuan Rumah Warga di Belawan Terendam Banjir Rob

BELAWAN – Ribuan rumah warga dari enam kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan Sumatera Utara (Sumut), Selasa (30/3/2021) sore terendam banjir pasang air laut (banjir rob). Banjir pasang air laut yang tidak tertampung drainase maupun anak sungai, mulai menerjang ribuan rumah pemukiman warga di Kecamatan Medan Belawan, sejak pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB ini sangat meresahkan warga.

Banjir rob yang merendam ribuan rumah warga di enam kelurahan kecamatan Medan Belawan masing-masing Kelurahan Belawan Sicanang, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan Satu, Belawan Dua dan Kelurahan Bagan Deli. Baca juga: Jabat Wawali Jakut, Juaini Bicara Penanganan Banjir Rob dan Covid-19

Iwan (45) salah seorang warga Belawan yang dijumpai mengatakan, terjadinya banjir rob yang merendam ribuan rumah warga ini disebabkan adanya drainase yang tersumbat. “Banyaknya sampah plastik, sehingga drainase menjadi mampet,” katanya.

Sementara itu Ilham Maulana (40) yang juga warga Kelurahan Belawan Bahagia ini mengatakan, kondisi Belawan sepanjang musiman memprihatinkan. “Setiap datangnya banjir rob ribuan rumah warga terendam banjir,” keluh Ilham. Baca juga: Laut Pasang, Genangan Air di Jakarta Barat Sulit Dialirkan

Baca Juga:
  • Mobil Listrik Buatan Jepang Ini Bisa Berenang dan Berani Terabas Banjir
  • Aksi Mogok Makan Lawan Dugaan Plagiarisme Rektor UIN Sumut Dibubarkan Satpol PP
  • Kecelakaan Beruntun di Jalinsum Batu Bara, Supir dan Penumpang Terjepit Mobil

Banjir yang melanda rumah pemukiman dan juga merendam jalan menuju ke Belawan Sicanang ini, dimulai pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB dan akan tiba lagi beberapa hari ke depan. “Warga Belawan mengharapkan pemerintah kota Medan memperhatikan nasib warga Belawan ini, yang senantiasa rumah warga terendam banjir disaat datangnya pasang air laut,” beber Ilham.

(don)

Close