Proyek Kereta Api Sulsel Jadi Atensi Presiden Jokowi

MAKASSAR Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkunjung di Provinsi Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Kamis (18/3/2021). Orang nomor satu di Indonesia itu diagendakan meresmikan Bandara Toraja , di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja .

Namun sehari sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi lebih dulu tiba di Makassar, Sulsel, dan menggelar pertemuan dengan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Kantor Gubernur, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Proyek Infrastruktur dan Tinjau Vaksinasi di Sulsel

Dalam pertemuan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mendengarkan laporan progres proyek Kereta Api (KA) Makassar-Parepare. Salah satu proyek strategis nasional yang menjadi atensi Presiden Jokowi.

Baca Juga:
  • Presiden Jokowi Resmikan Proyek Infrastruktur dan Tinjau Vaksinasi di Sulsel
  • Di Kongres PMII, Jokowi: Ekonomi Indonesia Tunjukkan Tren Positif
  • Jokowi Beri Sinyal Wisata Bali Dibuka Juni atau Juli

Andi Sudirman mengaku, proyek KA Trans Sulawesi akan dilaporkan ke Jokowi. “Iya, kami akan laporkan juga termasuk bahwa program strategis yang sudah ada titik terang,” sebutnya.

Dia menjelaskan, KA Trans Sulawesi masih fokus pada upaya pembebasan lahan. Penyediaan lahan jalur rel KA masih bersoal di Kabupaten Maros dan Pangkep. Sementara Kabupaten Barru, disebut sudah tuntas 100%.

Khusus di Kabupaten Pangkep, penyediaan lahan baru 93%. Pembebasan lahannya ditempuh melalui upaya konsinyasi dengan cara menitip uang pembebasan lahan di pengadilan.

Baca juga: Pengamanan Jelang Kunjungan Presiden Jokowi di Toraja Diperketat

Close