Perubahan Kepribadian dan Perilaku Bisa Jadi Gejala Awal Demensia

Perubahan Kepribadian dan Perilaku Bisa Jadi Gejala Awal Demensia

JAKARTA Demensia adalah istilah umum untuk kumpulan gejala yang terkait dengan kerusakan otak yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Jenis gejala yang Anda alami kali pertama akan bergantung pada wilayah otak yang terkena.

(Baca juga: Serangan Jantung Sering Terjadi saat Musim Dingin, Ini Tips Mencegahnya )

Demensia frontotemporal (FTD), misalnya, pertama-tama menyebabkan masalah pada perilaku dan bahasa karena memengaruhi area otak yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi ini.

Gejala FTD pertama yang terlihat adalah perubahan kepribadian dan perilaku. Menurut Alzheimer’s Society (AS), perubahan ini berupa hilangnya hambatan. Perubahan perilaku lainnya termasuk mengabaikan kebersihan pribadi, makan berlebihan dan kehilangan motivasi.

Baca Juga:
  • Ada Pendekatan Spiritual, Angka HIV/Aids Tulungagung Jadi 189 Kasus
  • Cegukan Terus Menerus Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung

“Misalnya, membuat komentar tidak sensitif atau kasar tentang penampilan seseorang, membuat gerakan seksual di depan umum, menatap orang asing, atau agresif secara verbal atau fisik,” ungkap AS seperti dilansir Daily Express, Sabtu (12/12).

“FTD juga dapat memengaruhi seberapa sensitif seseorang terhadap rangsangan fisik atau lingkungan seperti suhu, suara dan bahkan rasa sakit,” tambahnya.

Karena itu, Anda harus menemui dokter umum jika merasa mengalami gejala awal demensia. Jika Anda mengkhawatirkan orang lain, dorong mereka untuk membuat janji dengan dokter umum dan mungkin menyarankan Anda pergi bersama mereka.

Demensia frontotemporal disebabkan oleh gumpalan protein abnormal yang terbentuk di dalam sel otak. Tidak sepenuhnya dipahami apa yang menyebabkan ini, tetapi penelitian telah menemukan hubungan genetik. “Untuk varian perilaku FTD, satu dari setiap dua atau tiga orang dengan penyakit ini dapat memiliki riwayat keluarga,” ungkap Alzheimer’s Research UK.

Close