Penyelenggara Dikasih Waktu 90 Hari Pastikan Balapan MotoGP 2021

Penyelenggara Dikasih Waktu 90 Hari Pastikan Balapan MotoGP 2021

MADRID Dorna Sports selaku operator MotoGP memberikan tenggat waktu 90 hari pada penyelenggara untuk memastikan apakah balapan di kelas utama 1.000cc dapat digelar di negara mereka. Pernyataan itu muncul menyusul laporan yang menyatakan bahwa akan ada perubahan kalender yang dijadwalkan berlangsung pada Maret geser ke April.

MotoGP 2021 awalnya dijadwalkan akan berlangsung pada 28 Maret di GP Qatar. Namun ada sejumlah laporan bahwa Sirkuit Losail baru bisa menggelar balapan pada 4 April, dan sebagai tambahan GP Portugal akan menyelenggarakan balapan pada 25 April atau sepekan sebelum balapan di Jerez.

Sejauh ini pihak berwenang di Qatar melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa acara MotoGP berjalan sesuai jadwal. Mereka ingin membuktikan kepada seluruh dunia bahwa mereka hampir tidak terpengaruh oleh virus tersebut dan bahwa mereka dapat menyelenggarakan Piala Dunia FIFA 2022 yang kontroversial tanpa masalah. (Baca juga: Davide Brivio, Pengubah Wajah Tim Suzuki )

Masih terbuka apakah penonton diperbolehkan di Sirkuit Losail, sebab lebih dari 1.500 tidak pernah muncul pada hari perlombaan. Tetapi yang perlu diketahui Doha telah menjadi pelopor balapan hantu yang menjadi hal biasa di tahun 2020 sejak 2004.

Baca Juga:
  • Davide Brivio Pergi sebagai Juara Dunia
  • Pablo Nieto Masuk Pusaran Pengganti Brivio, Bagaimana dengan Nasib Sky VR46 Rossi?

Saat ini jumlah penularan juga meningkat secara dramatis di seluruh Asia, di Jepang jumlahnya lebih tinggi daripada di bulan April, kemungkinan perlombaan di luar negeri pada bulan Oktober dan November masih dipertanyakan. Tidak ada yang saat ini dapat memperkirakan seperti apa larangan perjalanan dan peraturan karantina karena selalu berubah hampir setiap hari. (Baca juga: Duo Rookie Italia Percaya Diri Bersaing di MotoGP 2021 )

Untuk amannya, Dorna merencanakan GP Rusia untuk pertama kalinya di Sirkuit Igora Drive sepanjang 4 km dekat St. Petersburg. Jaraknya hanya sekitar 400 km dari KymiRing dan oleh karena itu harus dimasukkan pada 18 Juli setelah GP Finlandia.

Jika Grand Prix di Asia atau acara Australia dibatalkan, MotoGP Mandalika di NTB bisa menjadi opsi. Namun demikian, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, belum ingin membuat ramalan apa pun tentang perubahan di kalender.

“Kami harus menunggu dan melihat apa yang dikatakan oleh masing-masing penyelenggara setidaknya 90 hari sebelum acara mereka,” jelas Ezpeleta dikutip dari Speedweek, Senin (11/1/2021).

Kemungkinan Kalender MotoGP 2021 Berubah:

04. April: Doha
25. April: Portimao
02. Mei Jerez
16. Mei. Le Mans
30. Mei: Mugello
06. Juni: Barcelona
20. Juni: Sachsenring
27. Juni Assen
11. Juli: KymiRing
18. Juli: Igora Drive
15. Agustus: Red Bull Ring
29. Agustus: Silverstone
12. September: Aragón
19. September: Misano
03. Oktober: Motegi
10. Oktober: Buriram
24. Oktober: Phillip Island
31. Oktober: Sepang
14. November: Valencia

(mirz)

Close