Pentingnya Perawatan Terpadu Pasca Melahirkan

JAKARTA – Perawatan terpadu pasca melahirkan merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Perawatan pasca melahirkan tidak hanya mempercepat pemulihan ibu dan mencegah komplikasi setelah melahirkan, tetapi juga meningkatkan kualitas hubungan ibu dan bayi serta keluarga pada umumnya.

Periode postnatal merupakan fase kritis bagi kehidupan ibu dan bayi yang baru lahir. Sebagian besar kematian ibu dan bayi terjadi dalam periode ini, namun periode ini diabaikan oleh sebagian orang.

Baca Juga: Waspadai Gangguan Kesehatan Mental Ibu Pasca Melahirkan

Sejalan dengan hal tersebut, Klinik Health360 Indonesia berkomitmen memberikan fasilitas layanan terpadu pasca melahirkan. Klinik Health360 Indonesia menghadirkan layanan dan perawatan obstetri ginekologi serta kejiwaan dalam satu klinik. Hal ni menjadikan Klinik Health360 Indonesia sebagai postnatal care center pertama di Indonesia.

Baca Juga:
  • Jalan Diterjang Longsor, Ibu Hamil di Perbatasan Timor Leste Harus Ditandu ke Rumah Sakit
  • Gempar, Janda di Cianjur Hamil Tanpa Hubungan Seks, Ini Penjelasan BKKBN

CEO Klinik Health360 Indonesia dr. Ni Komang Yeni DS, Sp.OG, MM, MARS menjelaskan, masa pasca melahirkan adalah fase kehidupan baru bagi seorang perempuan. Penelitian menunjukkan satu dari tujuh perempuan, mengalami depresi atau kecemasan (anxiety) selama kehamilan atau pasca melahirkan.

Pasca melahirkan, perempuan juga mengalami kelelahan, gangguan nafsu makan atau tidur, perubahan suasana hati, perasaan kewalahan mengurus bayi, dan disfungsi seksual. Hal-hal tersebut sering kali terlewatkan pada saat pemeriksaan pasca melahirkan.

“Peran suami, orangtua, teman, atau support system lain yang kita miliki, bisa kita jadikan tempat untuk berbagi. Para support system ini pun harus bisa menjadi pendengar yang baik, segera mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada ibu pasca melahirkan agar bisa mencarikan solusi terbaik bagi ibu,” jelas dr Yeni dalam jumpa pers virtual, Selasa (9/3).

Kebanyakan ibu yang baru melahirkan sering kali merasa bingung dalam pemeriksaan lanjutan kesehatannya, karena kurangnya informasi mengenai pemeriksaan serta perawatan lanjut pasca melahirkan. Padahal, ada banyak risiko serta permasalahan yang timbul pasca melahirkan dan dibutuhkan penanganan secara terpadu dari masing-masing dokter spesialis.

Berdasarkan tiga pilar utama pelayanannya yaitu Medical Treatment, Beauty & Wellness, Klinik Utama Health360 Indonesia dapat dikategorikan sebagai The First Integrated Postnatal Center dengan pelayanan dari tim dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis gizi klinik, dokter spesialis kesehatan jiwa.

Baca Juga: Mengenal Hipospadias, Kelainan Bawaan yang Diidap Atlet Voli Aprilia Manganang

“Klinik Health360 Indonesia hadir sebagai one stop solution center bagi para ibu pasca melahirkan, para bayi serta keluarganya. Kami menyadari mereka membutuhkan pelayanan ekstra untuk memastikan mereka dalam kondisi yang baik dan dapat beradaptasi setelah melahirkan, mulai dari segi fisik, mental, hingga kebugaran,” tutup dr. Yeni.

(tsa)

Close