Pemakaman Khusus COVID-19 Mulai Terbatas, TPU Rorotan Bisa Jadi Solusi

Pemakaman Khusus COVID-19 Mulai Terbatas, TPU Rorotan Bisa Jadi Solusi

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan TPU Rorotan di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara , sebagai lahan pemakaman baru COVID-19. Langkah ini sebagai solusi untuk mengatasi berkurangnya ketersediaan lahan pemakaman di wilayah DKI Jakarta.

Lurah Rorotan Idham Mugabe menyatakan, saat ini pengerjaan TPU Rorotan yang memiliki luas mencapai 25 hektare ini, masih dalam proses pengurukan tanah oleh Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. (Baca juga; Begini Penampakan TPU Pondok Ranggon yang Penuh, Tak Terima Lagi Pemakaman Pasien COVID-19 )

Pemakaman Khusus COVID-19 Mulai Terbatas, TPU Rorotan Bisa Jadi Solusi

“Kelurahan Rorotan sudah melakukan sosialisasi kepada warga baik secara langsung maupun tertulis terkait permohonan dukungan kegiatan penyiapan lahan TPU Rorotan,” Kata Idham saat dikonfirmasi Rabu (6/1/2021). (Baca juga; TPU Rorotan Ditargetkan Bisa Digunakan Bulan Ini untuk Pemakaman Corona )

Baca Juga:
  • TPU Hampir Penuh, Pemprov DKI Siapkan Lokasi Baru Makam Corona
  • Lahan TPU Khusus Covid-19 Penuh, Pemprov DKI Izinkan Dilakukan Pemakaman sacara Tumpang

Menurut Idham, banyak warga yang menanyakan tentang penempatan khusus pemakaman COVID-19 seluas dua hektare. “Kemudian kami berikan penjelasan dan alhamdulillah warga bisa memahami,” ungkap Idham.

Rencananya, lahan yang akan digunakan untuk pemakaman COVID-19 tahap pertama seluas 8.000 m2 dari 2 hektare dengan jumlah petak makam sekitar 1.500. Idham juga menegaskan TPU Rorotan yang merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menjadi solusi.

Terutama dalam penyediaan area pemakaman umum di wilayah Kelurahan Rorotan karena dua TPU yang ada saat ini yaitu Malaka 4 RW 06 dan Malaka Bulak RW 013 kapasitasnya sudah penuh dan hanya melayani makam tumpang. “Jadi ini solusi buat warga Rorotan juga,” tambahnya.

(wib)

Close