Miliki Kesempatan Bekerja, Pemprov DKI Latih Penyandang Disabilitas

JAKARTA Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi menyelenggarakan pelatihan bagi penyandang disabilitas . Perusahaan wajib mempekerjakan penyandang disabilitas sebanyak 2 persen dari total jumlah karyawan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan ketenagakerjaan dalam hal lapangan kerja dan pelatihan kerja. Hal itu sesuai dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang disabilitas, Perusahaan pun wajib mempekerjakan kaum disabilitas 2% dari total pegawai yang ada.

Andri menyampaikan, agar para peserta melaksanakan pelatihan dengan sungguh sungguh agar kedepan dapat menjadi lebih baik serta menginstruksikan agar para peserta pelatihan kerja disabilitas yang sudah selesai mendapatkan pelatihan mendaftar ke aplikasi eorder untuk membuka peluang usaha berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara langsung bagi warga DKI Jakarta khususnya para penyandang disabilitas,” kata Andri seperti yang dikutip dalam akun instagram Disnakertrans dan Energi @disnakertrans_dki_jakarta, Rabu 17 Maret 2021. Baca juga:Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Diminta Prioritaskan Penyandang Disabilitas

Baca Juga:
  • Dihadiri Anies, GPMI Apresiasi Pelantikan DMI DKI 2020-2025
  • Pemprov DKI Ubah Batasan Penghasilan Jadi Rp14,8 Juta untuk Rumah DP Nol Rupiah
  • Heboh, Bangunan Kios di Muara Angke Berdiri di Atas Lahan Milik Pemprov DKI

Kegiatan pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Baznas Bazis DKI Jakarta. Jumlah peserta penyandang disabilitas yang mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari tersebut sebanyak 40 orang untuk 2 kejuruan, yakni: Tata Boga dan Desain Grafis.

Selain itu pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi 2 angkatan sehingga setiap kelas terdiri dari 10 orang peserta untuk menjaga protokol kesehatan Covid-19. Baca juga:Buka Kantor Baru, MS Glow Siap Karyakan Penyandang Disabilitas

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Ahmad Luthfi Fathullah dalam sambutannya berpesan bagi para peserta agar selalu bersemangat dan jangan mudah putus asa.

“Jika Allah SWT memberikan kekurangan dan ujian, kita harus yakin bahwa Allah pasti memberikan kelebihan dan kemudahan. Diharapkan dengan pelatihan ini, para penyandang disabilitas dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan diri dalam mencapai kesejahteraan sesuai dengan cita cita pak Gubernur, Maju Kotanya Bahagia Warganya,” ungkapnya.

(mhd)

Close