Mengalah, Trump Akhirnya Siap Serahkan Kekuasaan pada Biden

Mengalah, Trump Akhirnya Siap Serahkan Kekuasaan pada Biden

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengumumkan bahwa dia akan mengalihkan kekuasaan kepada Joe Biden pada 20 Januari. Pernyataan ini datang setelah Parlemen AS mengesahkan hasil pilpres AS.

Trump, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter Wakil Kepala Staf Komunikasi dan Direktur Media Sosial Gedung Putih, Dan Scavino menuturkan, walaupun dia tidak setuju dengan hasil pilpres, dia akan tetap menyerahkan kekuasaan kepada Biden pada 20 Januari mendatang.

“Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari,” tulis Scavino mewakili Trump, seperti dilansir Tass pada Jumat (8/1/2021).

“Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Sementara ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk membuat Amerika hebat lagi!” sambungnya. ( Baca juga: Wapres Pence Membangkang pada Trump, Tolak Ubah Hasil Pilpres AS )

Baca Juga:
  • 4 Orang Tewas dan 52 Orang Ditahan dalam Penyerbuan US Capitol
  • Kalangan Bisnis Desak Trump Segera Dipecat untuk Jaga Demokrasi

Kemarin, Senat dan DPR AS mengesahkan hasil pilpres, setelah sempat tertunda selama beberapa jam, yang disebabkan oleh aksi penyerbuan oleh simpatisan Trump. Ratusan pendukung Trump menerobos masuk Capitol Hill dan sempat menduduki kantor Parlemen AS itu.

Dalam sesi yang dipimpin oleh Wakil Presiden AS, Mike Pence, Biden dipastikan menang telak atas Trump setelah mendapatkan 306 suara elektoral. Trump hanya mendapatkan 232 suara. ( Baca juga: Langgar Aturan Berulang, Twitter Siap Bekukan Akun Donald Trump )

Hasil pertemuan ini harus menjadi titik akhir dalam proses merangkum hasil pemungutan suara November dan mengakhiri perdebatan tentang siapa yang selanjutnya secara resmi menjadi kepala pemerintahan AS.

(esn)

Close