Mendagri Tito Minta BPSDM Tak Hanya Jadi Pelengkap Organisasi

JAKARTA Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) untuk dapat membangun kompetensi SDM secara komprehensif. Tito menilai, SDMmerupakan kunci kemajuan sebuah organisasi. Oleh karena itu, sebagai lembaga pengembangan SDM.

“Berkaitan dengan masalah SDM, garis besarnya adalah kunci dari kesuksesan suatu organisasi, suatu entitas,”katanyadalam pers rilisnya, Rabu 17 Maret 2021. Baca juga: Mendagri Janji Pilih Plt Kepala Daerah yang Birokrat Tulen

Tito pun meminta agar BPSDM di Kemendagri maupun pemerintah daerah dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Bahkan, dia menegaskan, jangan sampai BPSDM hanya menjadi pelengkap organisasi saja.

“Oleh karena itu saya mengharapkan BPSDM yang ada di Kemendagri, provinsi, kabupaten/kota, bukan hanya sekedar melaksanakan business as usual, menjadi pelengkap organisasi, tapi juga harus betul-betul bisa memahami peran pentingnya,” kata Tito. Baca juga:Mendagri Usulkan Revisi UU Pemilu Setelah Pilkada 2024

Baca Juga:
  • Dukcapil Kemendagri Yakinkan Masyarakat Pentingnya Dokumen Kependudukan
  • Kemendagri: DKI Jakarta Alokasikan APBD Tertinggi untuk Penanganan COVID-19 Sebesar Rp8,1 T
  • Dukung PPKM Mikro, Bupati/Wali Kota Bisa Tunjuk Lurah Sebagai Kuasa Pengguna Anggaran

Tito mengatakan, dengan adanya SDM yang unggul dan kompeten maka berbagai target dan rencana pembangunan dapat dilakukan dengan baik.Selain itujuga dapat membuat program tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Jadi BPSDM kita harapkan mampu memberikan kompetensi. Tidak hanya kemampuan umum yang berhubungan dengan aspek pemerintahan, tetapi juga membelahnya kepada kurikulum teknis. Teknis mengenai penguatanperda, bagaimana membuatperkada, bagaimana untuk menyusun realokasi-refocusing anggaran pada saat pandemi, bagaimana untuk menyusun program bantuan sosial tepat sasaran,”paparnya.

Lebih lanjut dia juga meminta agarBPSDM mampu menjawab berbagai tantangan dan persoalan ke depan. Salah satunyadengan menghadirkan berbagai inovasi dan terobosan untuk kemajuan organisasi. Baca juga: Kemendagri Jamin Plt Kepala Daerah Memiliki Legitimasi Hukum Jalankan Pemerintahan

“Laksanakan tugas ini dengan niat yang mulia dan tulus, kembangkan inovasi, kreativitas, jangan hanya rutinitas, kemudian tangkap betul apa kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan di masa mendatang, termasuk dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang merupakan gelombang ketiga dari peradaban manusia, yang membuat perubahan menjadi luar biasa cepat, revolutif,”pungkasnya.

(mhd)

Close